Minggu, 31 Mei 2020

PERUMPAMAAN DUNIA


Pada suatu hari diperlihatkan kepadaku kenang-kenangan dari kawan-kawanku yang dianggap oleh orang-orang awam bahwa mereka telah sukses dalam kehidupan dunia mereka, karena ada yang menjadi pejabat dan lain sebagainya. Setelah itu aku tertidur lalu aku melihat di dalam mimpiku ada seekor bangkai kambing kecil diperebutkan oleh binatang-binatang buas. Aku-pun terbangun tiba-tiba, aku langsung teringat dengan perkataan orang yang paling aku cintai Nabiurrahmah 'Alaihish Shalâtu was Salâm yang diceritakan oleh Shahabat beliau Jâbir bin 'Abdillâh Radhiyallâhu 'Anhumâ:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ بِالسُّوقِ دَاخِلاً مِنْ بَعْضِ الْعَالِيَةِ وَالنَّاسُ كَنَفَتَهُ فَمَرَّ بِجَدْيٍ أَسَكَّ مَيِّتٍ فَتَنَاوَلَهُ فَأَخَذَ بِأُذُنِهِ ثُمَّ قَالَ: أَيُّكُمْ يُحِبُّ أَنَّ هَذَا لَهُ بِدِرْهَمٍ. فَقَالُوا مَا نُحِبُّ أَنَّهُ لَنَا بِشَيْءٍ وَمَا نَصْنَعُ بِهِ قَالَ: أَتُحِبُّونَ أَنَّهُ لَكُمْ. قَالُوا وَاللَّهِ لَوْ كَانَ حَيًّا كَانَ عَيْبًا فِيهِ لأَنَّهُ أَسَكُّ فَكَيْفَ وَهُوَ مَيِّتٌ فَقَالَ: فَوَاللَّهِ لَلدُّنْيَا أَهْوَنُ عَلَى اللَّهِ مِنْ هَذَا عَلَيْكُمْ

"Bahwasanya Rasûlullâh Shallallâhu ‘Alaihi wa Sallam jalan melewati pasar, beliau masuk pada bagian pasar sementara orang-orang berada di sekitarnya. Beliau berjalan melewati seekor anak kambing yang cacat telah mati, lalu beliau mengangkatnya dengan memegang telinganya, kemudian beliau berkata: “Siapa di antara kalian yang ingin membeli ini dengan harga satu dirham?” Berkata orang-orang: “Kami benar-benar tidak menginginkannya sedikitpun, karena apa yang bisa kami perbuat dengannya?” Beliau berkata: “Apakah kalian ingin bangkai anak kambing ini untuk kalian?” Berkata orang-orang: “Demi Allâh, kalau anak kambing ini masih hidup, maka ada cacat padanya, karena pada bagian kepalanya ada cacat, apalagi telah menjadi bangkai?” Lalu beliau berkata: "Demi Allâh, sungguh dunia itu lebih hina bagi Allâh daripada bangkai anak kambing ini bagi kalian." Riwayat Muslim (no. 7607). 

Faedah dari Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh pada hari Senin tanggal 10 Syawwâl 1441 / 1 Juni 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar