Selasa, 12 Mei 2020

BIOGRAFI SINGKAT ABUL QÂSIM MUHAMMAD 'ALAIHISH SHALÂTU WAS SALÂM


Beliau adalah Muhammad bin 'Abdillâh bin 'Abdil Muththalib bin Hâsyim bin 'Abdi Manâf bin Qushay bin Kilâb bin Murrah bin Ka'b bin Luayy. 
Kunyah beliau Abul Qâsim, julukan beliau adalah Al-Âmîn, An-Nabî, Ar-Rasûl dan As-Sayyid, beliau berkata:

أَنَا سَيِّدُ الْقَوْمِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

"Aku adalah sayyid bagi kaum pada hari kiamat." Riwayat Al-Bukhârî (no. 3340). 
Dalam satu riwayat:

أَنَا سَيِّدُ النَّاسِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

"Aku adalah sayyid bagi manusia pada hari Kiamat." Riwayat Al-Bukhârî (no. 4712). 

Beliau lahir di Makkah pada hari Senin tanggal 12 Rabî'ul Awwal pada tahun Gajah, 53 tahun sebelum tahun Hijriyyah, bertepatan dengan tanggal 22 April 571 Masehi. Beliau pernah ditanya tentang puasa hari Senin, maka beliau menjawab:

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ

"Itu adalah hari aku dilahirkan padanya." Riwayat Muslim (no. 2804). 

Beliau lahir dalam keadaan yatîm, ayahnya 'Abdullâh meninggal dunia di saat beliau masih di dalam kandungan ibunya. 
Ibu beliau bernama Ãminah bintu Wahb bin 'Abdi Manâf bin Zahrah bin Kilâb bin Murrah bin Ka'b bin Luayy.
Ibu susuan beliau adalah Halîmah As-Sa'diyyah, ayah susuan beliau adalah Al-Hârits bin 'Abdil 'Uzzâ suami Halîmah As-Sa'diyyah, dan saudara susuan beliau adalah Hamzah bin 'Abdil Muththalib paman beliau, berkata 'Abdullâh bin 'Abbâs Radhiyallâhu 'Anhumâ:

قِيلَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلاَ تَزَوَّجُ ابْنَةَ حَمْزَةَ قَالَ: إِنَّهَا ابْنَةُ أَخِي مِنَ الرَّضَاعَةِ

"Dikatakan kepada Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam: Mengapa engkau tidak menikahi puterinya Hamzah? Beliau menjawab: "Sesungguhnya ia adalah puteri saudara susuanku." Riwayat Al-Bukhârî (no. 5100). 

Ibu beliau Ãminah meninggal dunia di saat beliau masih anak-anak, usia beliau 6 tahun, lalu beliau dipelihara oleh kakeknya 'Abdul Muththalib. Kemudian kakek beliau meninggal dunia di saat beliau berusia 8 tahun, lalu beliau dipelihara oleh pamannya Abû Thâlib. Di bawah pemeliharaan pamannya ini beliau sempat bekerja sebagai pengembala terhadap kambing-kambing milik sebagian penduduk Makkah, berkata Abû Hurairah Radhiyallâhu 'Anhu:

عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَا بَعَثَ اللَّهُ نَبِيًّا إِلاَّ رَعَى الْغَنَمَ. فَقَالَ أَصْحَابُهُ: وَأَنْتَ فَقَالَ: نَعَمْ كُنْتُ أَرْعَاهَا عَلَى قَرَارِيطَ لأَهْلِ مَكَّةَ

"Dari Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam, beliau berkata: "Tidaklah Allâh mengutus seorang Nabî kecuali dia pernah mengembala kambing." Bertanya para Shahabat: Engkau juga? Beliau menjawab: "Iya, aku dahulu mengembala kambing dengan imbalan beberapa qîrath dari penduduk Makkah.” Riwayat Al-Bukhârî (no. 2262).
Pada usia 12 tahun, beliau pergi berdagang bersama pamannya Abû Thâlib ke negeri Syâm, tatkala sampai di Basrâ, keduanya bertemu dengan seorang 'âlim terhadap kitâb Injîl yang bernama Buhairâ, lalu Buhairâ memerintahkan untuk membawa pulang beliau karena mengkhawatirkan orang-orang Yahûdî akan membunuhnya, dia mengatakan demikian karena mengetahui tanda-tanda kenabian ada pada diri beliau.
Setelah beliau berusia dewasa, beliau dipercayai oleh Khadîjah bintu Khuwailid Radhiyallâhu 'Anhâ untuk membawa dagangannya ke Syâm, beliau ke Syâm ditemani oleh Maisarah, sampai di dekat pasar Basrâ mereka berdua beristirahat di bawah pohon, ternyata ada seorang râhib yang bernama Nastûrâ memperhatikan beliau, lalu râhib itu berkata kepada Maisarah:

مَا نَزَلَ تَحْتَ هٰذِهِ الشَّجَرَةِ قَطٌّ إِلَّا نبيٌّ

"Tidaklah singgah sama sekali di bawah pohon ini kecuali seorang Nabî." Riwayat Ibnu Hibbân di dalam "Ats-Tsiqât" (Juz 1, hal. 47).
Setelah kembali dari Syâm ini, beliau membawa keberuntungan yang banyak, hingga kemudian beliau dijodohkan dengan Khadîjah, dan Khadîjah menerima, beliau menikah dengan Khadîjah dengan usia 25 tahun dan Khadîjah berusia 40 tahun. Ketika itu beliau berkecukupan dalam hidupnya hingga pernikahannya dengan mahar yang cukup besar, mahar pernikahannya 20 ekor onta.
Dari pernikahannya dengan Khadîjah, Allâh mengaruniai beliau anak-anak, yaitu: Al-Qâsim bin Muhammad, Zainab bintu Muhammad, Ruqayyah bintu Muhammad, Ummu Kultsum bintu Muhammad, Fâthimah bintu Muhammad dan 'Abdullâh bin Muhammad 'Alaihimush Shalâtu was Salâm.

Pada usia 40 tahun beliau diangkat oleh Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ sebagai Nabî dan Rasûl-Nya, selama 10 tahun di Makkah beliau mendakwahkan tauhîd dan akhlak, berkata saudara Abû Dzar:

رَأَيْتُهُ يَأْمُرُ بِمَكَارِمِ الأَخْلاَقِ، وَكَلاَمًا مَا هُوَ بِالشِّعْرِ

"Aku milihat beliau menyerukan kepada kemuliaan akhlak dan aku mendengarkan perkataannya bukanlah sya'ir." Riwayat Al-Bukhârî (no. 3861).

Dan 3 tahun terakhir di Makkah, beliau mendakwahkan pula kewajiban shalat 5 waktu, setelah itu beliau hijrah ke Yatsrib, awal kedatangannya di Yatsrib mulai dihitung sebagai tahun Hijriyyah dan Yatsrib diganti dengan nama Madînah. 

Di Madînah ini, kemudian beliau menikah dengan 10 orang wanita mulia yang shâlihah, yaitu:
1) Saudah bintu Zam'ah. 
2) 'Âisyah bintu Abî Bakr. 
3) Hafshah bintu 'Umar. 
4) Zainab bintu Khuzaimah. 
5) Ummu Salamah. 
6) Zainab bintu Jahsy. 
7) Juwairiyyah bintu Hârits. 
8) Ummu Habîbah. 
9) Shafiyyah bintu Huyay. 
10) Maimûnah bintul Hârits. 

Dari 10 isteri beliau tersebut, beliau tidak dikaruniai seorang anakpun, ketika 'Ãsiyah berkata kepada beliau tentang Khadîjah karena cemburu padanya:

كَأَنَّهُ لَمْ يَكُنْ فِي الدُّنْيَا امْرَأَةٌ إِلاَّ خَدِيجَةُ

"Seakan-akan tidak ada di dunia seorang wanita kecuali Khadîjah." Maka beliau berkata kepada 'Âisyah:

وَكَانَ لِي مِنْهَا وَلَدٌ

"Aku memiliki anak karena sebabnya." Riwayat Al-Bukhârî (no. 3818).

Beliau memiliki seorang putera yang bernama Ibrâhîm 'Alaihimash Shalâtu was Salâm, akan tetapi bukan dari isteri-isteri beliau tersebut, melainkan dari hubungan beliau dengan seorang hamba sahaya yang bernama Mâriyah Al-Qibthiyyah Radhiyallâhu 'Anhumâ.

Setelah beliau menetap selama 10 tahun di Madînah dan Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ telah menyempurnakan agama-Nya, beliaupun diwafatkan pada hari Senin Dhuhâ tanggal 12 Rabî'ul Awwal 11 Hijriyyah dengan usia 63 tahun. Lalu jenazah beliau dimakamkan di dalam kamar 'Âisyah Radhiyallâhu 'Anhâ di Madînah.

Dikutip dari kajian Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada pembacaan kitâb Al-Maqâlah (hadîts no. 9), malam Rabu tanggal 20 Ramadhân 1441 / 13 Mei 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar