Jumat, 22 Mei 2020

MENGKHATAMKAN AL-QUR’ÃN ATAU MENGULANG-ULANG HAFALAN PADA BULAN RAMADHÂN


Pertanyaan:
Apakah ada dalîl yang menganjurkan untuk mengkhatamkan Al-Qur'ãn di bulan Ramadhân? Atau kita hanya dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'ãn saja?

Jawaban:
Al-Bukhârî meriwayatkan di dalam "Shahîh"nya dari Abû Hurairah Radhiyallâhu 'Anhu, beliau berkata:

أَنَّ جِبْرِيْلَ كَانَ يُعْرِضُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً، فَعَرَضَ عَلَيْهِ مَرَّتَيْنِ فِي الْعَامِ الَّذِي قُبِضَ فِيْهِ

“Sesungguhnya Jibril mempresentasikan Al-Qur'ãn kepada Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam pada setiap tahun sekali. Jibrîl mempresentasikannya kepada beliau sebanyak dua kali pada tahun yang beliau wafat padanya.”

Pada hadîts ini terdapat anjuran untuk mengkhatamkan Al-Qur’ãn pada bulan Ramadhân dan terdapat pula anjuran untuk  memperbanyak membacanya dan mempelajarinya.

Pada hadîts tersebut terdapat pula keterangan bahwa di bulan Ramadhân dilebihkan daripada di selain Ramadhân dalam mengulang-ngulang ketika membaca Al-Qur’ãn.

Orang yang mampu memperbanyak membaca Al-Qur’ãn di bulan Ramadhân, baik membacanya dengan target mengkhatamkannya atau dengan target mengulang-ulang  hafalannya pada sebagian ayat atau sebagian surat maka sungguh dia telah mendapatkan keutamaan yang disebutkan oleh Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ 

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitâbullâh maka baginya satu pahala, satu pahala dilipatgandakan menjadi 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan “Ãlif Lãm mîm” itu satu huruf, akan tetapi Ãlif itu satu huruf, Lãm itu satu huruf dan Mîm itu satu huruf.” Riwayat At-Tirmidzî.

Dijawab oleh: 
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada Senin Sore 1 Ramadhân 1440 / 6 Mei 2019 di Mutiara Gading Timur Bekasi. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar