Rabu, 18 Desember 2019

MENGENAL LEBIH DEKAT AL-USTÂDZ MUHAMMAD AL-KHIDHIR


Nama beliau adalah Muhammad Al-Khidhir, beliau berkunyah Abû Ahmad, beliau lahir di Limboro pada tanggal 4 September 1983.
Ayah beliau adalah Salîm bin Syahdiah Al-Limbôrî Al-Butônî Rahmatullâh 'Alaihim, dan ibu beliau adalah Suriyah bintu Hadiyînah Al-Limbôriyyah Al-Huamualiyyah Rahmatullâh 'Alaihim.

Beliau adalah anak ke-4 dari 11 bersaudara, di antara saudara-saudaranya yang dikenal sebagai penuntut ilmu dan mengajarkannya adalah:
✔️ Al-Ustâdz Abul Hasan 'Umair Hafizhahullâh.
✔️ Al-Ustâdz Abû Muhammad Anas Hafizhahullâh.

Beliau pernah menuntut ilmu di beberapa pondok pesantren di Indonesia, yaitu:
✅  Ma'had Abî Bakr Ash-Shiddîq Jojoran Surabaya.
✅ Ma'had As-Sunnah Bajirupa Makassar.
✅ Ma'had 'Umar Ibnil Khaththâb Sugihan Lamongan.
✅ Ma'had Dârul Atsâr Banyutengah Gresik.
✅ Ma'had Dhiyâish Sunnah Cirebon.

Pada tahun 2008, Al-Ustâdz Abul 'Abbâs Harmîn Rahimahullâh memberikan dukungan kepadanya dan mendanainya untuk rihlah menuntut ilmu di Dârul Hadîts Dammâj Yaman. Di sinilah beliau menuntut ilmu dengan banyak Masyâyikh, di antara mereka adalah:
🔸 Asy-Syaikh Abû 'Abdirrahmân Yahyâ Al-Hajûrî Hafizhahullâh, belajar kepadanya bagian akhir dari Shahîhul Bukhârî kemudian diulangi lagi pelajaran baru dari bagian awal Shahîhul Bukhârî, sebagian dari Shahîh Muslim, sebagian dari Al-Jâmi'ush Shahîh Mimmâ Laisa Fish Shahîhain, sebagian dari Tafsîr Ibni Katsîr, sebagian dari Kitâb As-Sunan Shughrâ', Jâmi' Bayânil 'Ilmi wa Fadhlih, Adabuth Thalab wa Muntahal Arab, Al-Hiththah, Kitâb Ar-Risalah dan Mutûn 'Aqîdah.
🔸 Asy-Syaikh Abû Anas Mâlik Al-Mahdzarî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Al-Mumti' Syarah Al-Ajrumiyyah.
🔸Al-Ustâdz Hasan Al-Jazairî Hafizhahullâh, belajar kepadanya At-Tuhfatus Saniyyah.
🔸 Al-Ustâdz Abû Turab Hadhar Al-Andûnîsî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Fathul Majîd fit Tajwîd.
🔸Asy-Syaikh Khalîl Al-Udainî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Mutammimah Al-Ajrumiyyah.
🔸 Asy-Syaikh Abû 'Abdirrazzâq Riyâdh Ar-Radfanî Rahimahullâh, belajar kepadanya At-Tuhfatul Wardiyyah fiy 'Ilmil 'Arabiyyah, Syarhu Mutammimah Al-Ajrumiyyah dan Fathul Wadûd fish Sharfi.
🔸 Asy-Syaikh Abû Bilâl Khâlid Al-Hadhramî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Syarhu Qatrin Nadâ dan Mushiluth Thullâb ilâ Qawâ'idil I'râb.
🔸Asy-Syaikh Abul Hasan Alî Ar-Razihî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Al-Madkhal Ilâ 'Ilmil Mushthalah dan sebagian dari Ad-Dararil Mudhiyyah.
🔸 Asy-Syaikh Abû 'Abdil 'Azîz Turkî Al-'Abdainî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Ad-Duratun Naqiyyah fî Syarhil Baiquniyyah, Kitâbut Tauhîd dan 'Ilal At-Tirmidzî.
🔸 Asy-Syaikh Abû Usâmah 'Adil As-Siyaghî Rahimahullâh, belajar kepadanya Al-Ba'itsul Hatsîts fî Takhrijil Hadîts.
🔸 Asy-Syaikh Abû 'Abdillâh Ma'mûn Adh-Dhâli'î Rahimahullah, belajar kepadanya Syarhu Nuzhatin Nazhar.
🔸Asy-Syaikh Kamal Al-'Adnî Rahimahullâh, belajar kepadanya Syarhu Lamiyyah Syaikhil Islâm, Lum'atul I'tiqad dan Syarhul Waraqât.
🔸 Asy-Syaikh Abû 'Abdillâh Muhammad bin Hizâm Al-Ba'danî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Fathul Majîd Syarhu Kitâbit Tauhîd dan Syarhu Bulûghil Marâm.
🔸 Asy-Syaikh Abû Hâtim Yûsuf Al-Jazairî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Al-Ushûl min 'Ilmil Ushûl dan Dhawâbit Al-Jarhi wat Ta'dîl.
🔸 Asy-Syaikh Abû Hâtim Sa'îd Al-Yâfi'î Rahimahullâh, belajar kepadanya Tathhirul I'tiqad dan Dhawabit Al-Jarhi wat Ta'dîl.
🔸 Asy-Syaikh Abû Hafsh 'Umar Al-'Irâqî Rahimahullâh, belajar kepadanya Syarhul 'Aqîdah Ath-Thahawiyyah.
🔸 Asy-Syaikh Abû 'Abdirrahmân Fathul Qadasî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Al-Madkhal ilâ 'Ilmish Sharfi, Ilmush Sharfi dari Syarhu Alfiyyah dan Al-Balâghah Al-Wadhîhah.
🔸 Asy-Syaikh 'Abdullâh bin Lamh Al-Khaulanî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Al-Qawâ'id wal Ushûl Jâmi'ah.
🔸 Asy-Syaikh Abû Basyîr Muhammad Al-Hajûrî Rahimahullâh, belajar kepadanya Shifatu Shalatin Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam.
🔸 Asy-Syaikh Abû Muhammad 'Abdul Hamîd Al-Hajûrî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Syarhu Kitâbit Tauhîd.
🔸 Asy-Syaikh Abû 'Abdirrahmân Jamîl Ash-Shilwî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Syarhul 'Aqîdah Al-Wâsithiyyah.
🔸 Asy-Syaikh Abû 'Amr 'Abdul Karîm Al-'Umarî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Mudzakkirah Ushûlil Fiqhi dan sebagian dari Al-Muntaqâ fî Ahkâmisy Syar'iyyah.
🔸 Asy-Syaikh 'Abdul Wahhâb Asy-Syamîrî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Syarhul Ushûl min 'Ilmil Ushûl dan Al-Faidh fil Farâid.
🔸 Asy-Syaikh Zaid Al-Washabî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Syarah 'Umdatil Ahkâm.

Semasa menuntut ilmu di Dârul Hadîts Dammâj ini, beliau juga menyempatkan mengajar sebagian penuntut ilmu yang lain, beliau pernah mengajarkan kitâb Syarhu Al-Ajrumiyyah (Al-Mumti' dan At-Tuhfah As-Saniyyah), Syarhu Ushûlits Tsalâtsah, Shifatu Shalâtin Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam dan mengulangi membacakan kitâb Shahîhul Bukhârî kepada sebagian kawan-kawannya. Beliau memiliki beberapa orang murid, sebagian mereka adalah orang-orang Yaman, Indonesia dan Malaysia.

Pada tahun 2014 negeri Dammâj jatuh ke tangan kaum Syî'ah-Râfidhah, dengan sebab itu Masyâyikh dan para penuntut ilmu melakukan hijrah ke Shana'â di Jâmi' As-Sunnah Madînah Sakaniyyah Sa'awân, di kota ini beliau belajar kepada:
✅ Asy-Syaikh Abû Ibrâhîm Muhammad bin Manî' Al-Ansî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Al-Fawâkihul Janiyyah minal Âtsar As-Salafiyyah.
✅ Asy-Syaikh Abû 'Abdirrahmân Fathul Qadasî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Ash-Shahîhul Jâmi' min Asbâbin Nuzûl, Tuhfatul Asfâr min Shihâhil Ahâdits Qishâr, dan Syarhu Al-'Aqîdah Ath-Thahâwiyyah.
✅ Asy-Syaikh 'Abdul Bâsith bin Zaid bin 'Alî 'Umar Hafizhahullâh, belajar kepadanya Lathâ'iful Ma'ârif.

Di Jâmi' As-Sunnah ini beliau sempat mengajari sebagian kawan-kawannya dengan membacakan kitâb An-Nahwil Wâdhih, Syarhu Al-Ajrumiyyah (Al-Mumti' dan At-Tuhfatus Saniyyah). Sebagian dari muridnya adalah orang Khaulân Yaman dan Indonesia.

Kemudian beliau pindah ke Jâmi' Al-Fath Baihân Shana'â, di tempat ini belajar kepada:

☑️ Asy-Syaikh Yahyâ bin 'Alî Al-Hajûrî Hafizhahullâh, sebagai kelanjutan dari pelajaran di Dârul Hadîts Dammâj, belajar kepadanya Tafsîr beberapa surat dari Tafsîr Ibni Katsîr, beberapa kitâb dari Shahîhul Bukhârî dan Muslim.
☑️ Asy-Syaikh Abû Ishâq Muhammad Al-Qaisî Hafizhahullâh, belajar kepadanya Tafsîr beberapa surat dari Tafsîr Ibni Katsîr, beberapa kitâb dari Shahîhul Bukhârî dan Muslim.
☑️ Asy-Syaikh Abû 'Abdirrahmân Fathul Qadasî Hafizhahullâh, belajar kepadanya beberapa kitâb dari Shahîhul Bukhârî dan Muslim.

Di Baihân ini beliau sempat pula membacakan kitâb An-Nahwul Wâdhih dan Mutûn 'Aqîdah, di antaranya muridnya adalah orang Prancis dan Kamboja.

Pada tahun 2015, beliau kembali ke Indonesia, beliau menetap di Limboro Seram Bagian Barat Maluku, di Limboro ini beliau membuka pejalaran:
♻️ Matnu Al-Ajrumiyyah kemudian beliau lanjutkan dengan At-Tuhfatus Saniyyah.
♻️ Al-Madkhal ilâ 'Ilmish Sharfi kemudian beliau lanjutkan dengan Fathul Wadûd.
♻️ Bulûghul Marâm Min Adillatil Ahkâm.
♻️ Riyadhush Shâlihîn.
♻️ Shahîhul Bukhârî.

Beliau berdakwah di Limboro ini sekitar dua tahun dan beliau merencanakan untuk mendirikan rumah belajar dan membangun masjid, namun tantangan bagi beliau sangat berat sehingga beliau mencoba keluar ke beberapa daerah untuk berdakwah, beliau sempat ke Seram Bagian Timur Maluku namun tidak mendapatkan sulit untuk berdakwah.

Lalu beliau menyempatkan untuk dakwah ke Kecamatan Sungai Ayak Pontianak Kalimantan Barat, beliau menyempatkan membuka kajian beberapa kitab, yaitu:
✔️ Al-Mabâdiul Mufîdah fit Tauhîd wal Fiqhi wal 'Aqîdah.
✔️ Hadzihi Nashîhatî.
✔️ Hadzihi Da'watunâ wa 'Aqîdatunâ.
✔️ Kitâbun Nikâh dari Bulûghul Marâm.
✔️ Kitâbul Janâiz dari Bulûghul Marâm.
Di Sungai Ayak ini beliau hanya sebulan saja.

Kemudian beliau ke Batam dan menginap selama dua pekan, beliau sempat membuka kajian kitâbul Jâmi' dari Bulûghul Marâm.

Pada tahun 2016, beliau ke Pekalongan untuk menikah, setelah itu beliau bersama isterinya ke Limboro Seram Bagian Barat Maluku, dan di Limboro ini bisa berdakwah hanya beberapa bulan saja. Kemudian beliau bersama isterinya kembali ke Pekalongan, selama di Pekalongan ini beliau sempat ke Cilacap untuk mengisi daurah sepekan, dengan mengkaji kitâb Fadhlil Islâm.

Pada tanggal 1 April 2017, beliau bersama isteri dan puteranya Ahmad Al-Khidhir pindah ke Bekasi atas sebab dukungan dan bantuan 'Ammah Al-Khidhir sekeluarga.

Walaupun di Bekasi sudah hampir 3 tahun ini beliau sekeluarga masih menetap di rumah kontrakan yang sudah berpindah-pindah kontrakan namun Alhamdulillâh dakwah beliau terus berjalan, dalam waktu 3 tahun, beliau telah menyelesaikan pengkajian banyak kitâb dan sudah memiliki murid-murid, ada dari mereka yang sudah berkemampuan untuk berdakwah dan menyampaikan kajian dan ada pula dari sebagian mereka yang terus menerus menuntut ilmu kepadanya.

Adapun kajian kitâb yang telah selasai beliau ajarkan di Bekasi dalam dua tahun ini adalah:
✔️ Al-Mabâdiul Mufîdah fit Tauhîd wal Fiqhi wal 'Aqîdah.
✔️ Mutûn Aqîdah.
✔️ Al-Ajrumiyyah.
✔️ Al-Mumti' Syarhu Al-Ajrumiyyah.
✔️ Syarhu Qatrin Nadâ.
✔️ Tafsîr Al-Fâtihah.
✔️ Tashîlul Wushûl ilâ Ma'rifati Tsalâtsatil Ushûl.
✔️ Al-'Uluw fî Ma'rifatin Nahwi.
✔️ Durûsullughah 'Al-'Arabiyyah.
✔️ Al-'Aqîdah As-Salîmah fîl Ushûlis Sittatil 'Azhîmah.
✔️ Al-Maqalah.
✔️ Syarhul 'Aqîdah Al-Wâsithiyyah.

Sedangkan kitâb-kitâb yang masih dalam proses pengkajian adalah:
✳️ Al-Fiqhul Muyassar.
✳️ Syarhu Durûsil Lughatil 'Arabiyyah.
✳️ Syarhul Arb'în An-Nawawiyyah.
✳️ Fathul Majîd Syarhu Kitâb Tauhîd.
✳️ Al-Adabul Mufrad.
✳️ Tadzkiratus Sâmi wal Mutakallim.
✳️ Ash-Shahîhul Jâmi' min Asbâbin Nuzûl.
✳️ Riyadhush Shâlihîn.
✳️ Bulûghul Marâm.

Adapun karya tulis beliau sangatlah banyak, di antaranya yang sudah beliau ajarkan:
✅ Ittihâful Jamâ'ati Bimâ Jâ'a fil Fitani Baina Yadayis Sâ'ah.
✅ Al-Uluw fî Ma'rifatin Nahwi.
✅ Tashîlul Wushûl ilâ Ma'rifati Tsalâtsatil Ushûl.
✅ Al-'Aqîdah As-Salîmah fîl Ushûlis Sittatil 'Azhîmah.
✅ Tahqîq wa Ta'lîq Al-Mabâdiil Mufîdah fit Tauhîd wal Fiqhi wal 'Aqîdah.
Al-Maqâlah.
✅ Al-Mumti' fî Syarhil Qawâ'idil Arba'.

******************



Tidak ada komentar:

Posting Komentar