Rabu, 18 Desember 2019

BIOGRAFI USTÂDZ KAMI ABUL 'ABBÂS HARMÎN BIN SALÎM AL-LIMBÔRÎY AL-HUÂMUÂLÎY RAHIMAHULLÂH

Nama Beliau Rahimahullâh:

Beliau Rahimahullâh bernama Harmîn bin Salîm bin Syahdiah. Beliau memiliki nasab dengan La Bisana dari jalur neneknya, yaitu Salîm bin Siti Hâwiyah bintu La Bisana

Nama Kunyah:
Kunyah beliau Rahimahullâh adalah Abul Abbâs, dan Abbâs adalah nama putra beliau yang kedua.

Nama Nisbat:
Beliau Rahimahullâh dinisbatkan kepada kampung dan negri kelahiran beliau yaitu Limboro di kecamatan Huamual kabupaten Seram Bagian Barat propinsi Maluku, dengan itu beliau dikatakan Al-Limbôrî Al-Huâmuâlî As-Sêrâmî Al-Mulkî.

Tempat dan Tanggal Lahir Beliau Rahimahullâh:
Beliau Rahimahullâh lahir di Limboro (Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Propinsi Maluku), pada tanggal 3 Rabi’ul Awwal 1399 Hijriyyah bertepatan dengan 1 Maret 1979 Masehi.

Perjalanan Beliau Rahimahullâh dalam Menuntut Ilmu: 
Awal beliau Rahimahullâh mengenal membaca dan menulis adalah dari kedua orang tua beliau Rahimahullâh, sebelum beliau Rahimahullâh masuk ke sekolah dasar, beliau Rahimahullâh mendapatkan bimbingan membaca dan menulis dari kedua orang tua beliau Rahimahumullâh.
Ketika beliau Rahimahullâh masuk di MIM (Madrasah Ibtidâ’iyyah Muhammadiyyah) di Limboro dan masih di kelas 1, beliau Rahimahullâh sudah dikenal sebagai seorang murid yang pintar dan cerdas, sehingga terkadang beliau Rahimahullâh di panggil oleh guru beliau untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di kelas 2 dan di kelas 3.
Selama sekolah di MIM ini beliau Rahimahullâh selalu mendapatkan peringkat tertinggi. Demikian pula ketika beliau Rahimahullâh melanjutkan ke SMPM (Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyyah) selalu mendapatkan peringkat tertinggi.
Setelah selesai dari SMPM beliau Rahimahullâh melanjutkan ke SMK di Lateri-Ambon, kemudian melanjutkan ke STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negri)  di Kebun Cengkeh-Ambon.
Awal mula beliau Rahimahullâh mengenal da'wah Tauhîd atau disebut dengan da'wah Ahlissunnah wal Jamâ'ah adalah dari para petuntut ilmu yang pernah belajar di Dârul Hadîts Dammâj Yamân dan dari para penuntut ilmu yang pernah belajar di Universitas Islâm Madînah, ketika mereka berjihâd di Ambon dan sekitarnya pada tahun 2000-2002 Masehi, beliau Rahimahullâh termasuk yang pertama-tama dari kalangan mahasiswa yang menyambut da'wah tersebut.
Pada saat itu beliau Rahimahullâh berada pada semester terakhir ketika menempuh pendidikan di STAIN Ambon, karena da'wah Tauhîd sudah beliau Rahimahullâh kenal maka beliau Rahimahullâh membuat skripsi untuk menyelesaikan study beliau Rahimahullâh dengan judul "Urgensi Tauhîd dalam Penegakan Syari'at Islâm", dan Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ telah memberikan manfaat dengan tulisannya tersebut Alhamdulillâh.
Setelah beliau Rahimahullâh menyelesaikan studynya, beliau Rahimahullâh pun semakin giat menghadiri pengajian-pengajian di masjid dan di ma'had, terlebih khusus beliau sangat bersemangat menghadiri daurah, muhâdharah dan kajian-kajian Asy-Syaikh Ja'far bin 'Umar Thâlib Rahimahumullâh, kemudian Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ memberikan kemudahan kepada beliau Rahimahullâh untuk melanjutkan menuntut ilmu di pondok pesantren di pulau Jawa. Dan beliau Rahimahullâh juga menyempatkan diri mengunjungi beberapa pondok pesantren di Jawa dan di Sulawesi, selama duduknya beliau Rahimahullâh di pondok-pondok pesantren dan selama dalam perjalanannya, beliau Rahimahullâh menyempatkan menulis faedah-faedah ilmiyyah di antaranya "Kitâbush Shalâh" -semoga Allâh memberkahinya-.

Da'wah Beliau: 
Setelah beliau Rahimahullâh kembali ke Ambon, beliau Rahimahullâh ditawarkan untuk ke Hanunu di Kecamatan Waisala untuk membuka lahan perkebunan cengkeh dan yang lainnya di sana, dan diberi kebebasan untuk membuat rumah di tanah yang sudah tersedia, dengan itu beliau Rahimahullâh pun datang ke Hanunu bersama para murid beliau dan bersama beberapa ikhwah Ahlissunnah dari Limboro dan Nasiri, ketika mereka telah membangun rumah, dan kebun mereka telah tumbuh subur, mereka pun di zhâlimi oleh para pembenci yang dahulunya memberikan penawaran dan jaminan, kemudian mereka diusir dengan cara zhâlim dan diambil rumah serta kebun mereka -semaga Allâh membalas kesabaran mereka dengan Jannah-.
Dengan kezhâliman tersebut membuat beliau Rahimahullâh bersama teman-teman beliau dari Limboro dan Nasiri kembali ke Limboro dan Nasiri, perlakuan dan kezhâliman seperti itu tidaklah membuat beliau Rahimahullâh melemah, beliau Rahimahullâh pernah berkata: “Siapa yang berbuat zhâlim maka itu untuk dirinya sendiri”. Sungguh benar apa yang beliau Rahimahullâh katakan, karena Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ telah berkata:
وَمَن يَظۡلِم مِّنكُمۡ نُذِقۡهُ عَذَابٗا كَبِيرٗا   
“Dan barangsiapa di antara kalian yang berbuat zhâlim maka Kami timpakan kepadanya siksaan yang besar”. [Al-Furqân: 19].
Beliau Rahimahullâh dan para murid-murid beliau terus menerus berjuang dan terus menerus menda'wahkan Tauhîd yang merupakan da'wah Ahlissunnah wal Jamâ'ah.
Awal mula beliau Rahimahullâh berda'wah adalah di Limboro, beliau Rahimahullâh menda'wahi keluarga beliau, yang pertama-tama menyambut da'wah beliau adalah saudara-saudari beliau, setelah itu tersebar da'wah beliau Rahimahullâh kepada selain mereka dari para teman serta masyarakat Limboro dan sekitarnya, semoga Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ menjadikan beliau termasuk ke dalam apa yang dikatakan oleh Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam"Barangsiapa menunjukan atas suatu kebaikan maka baginya pahala semisal dengan pahala pelakunya".
Beliau Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam juga mengatakan: "Barangsiapa menda’wahkan kepada petunjuk maka baginya dari pahala semisal dengan pahala-pahala orang yang mengikutinya, tidaklah terkurangi demikian itu dari pahala-pahala mereka sedikit pun".
Disebutkan oleh beberapa orang dari murid-murid beliau bahwasanya beliau Rahimahullâh mendidik dan membina anak-anak remaja, yang biasanya mereka berkumpul di rumah orang tua beliau, banyak dari anak-anak remaja menyambut dan mengikuti dakwah beliau Rahimahullâh, di antaranya adalah Hisyâm bin Abdillâh Al-Limbôrî Rahimahullâh.

Ujian-ujian yang Beliau Rahimahullâh Dapati Semasa Hidup:
Beliau Rahimahullâh bila mengetahui suatu kebenaran atau beliau Rahimahullâh berada di atas suatu kebenaran maka beliau Rahimahullâh tidak peduli dengan tantangan dan rintangan serta celaan dari para pencela. Memang demikianlah yang harus dipegang oleh setiap orang beriman yang berjuang di jalan Allâh 'Azza wa Jalla, karena Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ telah berkata:
يُجَٰهِدُونَ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوۡمَةَ لَآئِمٖۚ ذَٰلِكَ فَضۡلُ ٱللَّهِ يُؤۡتِيهِ مَن يَشَآءُۚ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ 
"Mereka berjuang di jalan Allâh dan tidaklah mereka takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allâh, Dia berikan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Allâh adalah Wâsi' (Maha Luas pemberian-Nya) lagi 'Alîm (Maha Berilmu)". [Al-Mâidah: 54].
Selama hidup beliau Rahimahullâh mendapatkan banyak celaan dan cercaan dari orang-orang yang benci, terkadang ada dari orang yang buta huruf, yang tidak bisa membaca Al-Qur'ân mengatakan tentang beliau Rahimahullâh dan majelisnya sebagai setan, terkadang dikatakan pula sesat dan membawa ajaran baru serta tuduhan-tuduhan yang lainnya, semua itu tidak ada bedanya dengan apa yang dikatakan kepada Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam dan para shahabatnya Radhiyallâhu 'Anhum, ketika para shahabat Radhiyallâhu 'Anhum hijrah ke Habasyah (Etopia) maka orang-orang yang benci datang ke Habasyah lalu berkata kepada raja Najâsyî Radhiyallâhu' Anhu:
إِنَّهُ قَدْ صَبَا إِلَى بَلَدِ الْمَلِكِ مِنَّا غِلْمَانٌ سُفَهَاءُ فَارَقُوا دِيْنَ قَوْمِهِمْ وَلَمْ يَدْخُلُوا فِي دِيْنِكُمْ وَجَاءُوا بِدِيْنٍ مُبْتَدَعٍ لَا نَعْرِفُهُ نَحْنُ وَلَا أَنْتُمْ
"Sesungguhnya benar-benar telah ada di negri raja dari (orang-orang negri) kami yang mereka adalah anak-anak muda yang dungu, mereka memecah belah agama kaum mereka, dan mereka tidak masuk ke dalam agama kalian, dan mereka datang dengan agama baru, kami benar-benar tidak mengetahuinya dan tidak pula anda sekalian (mengetahuinya)".
Beliau Rahimahullâh karena sudah mengetahui dengan ilmu yang beliau Rahimahullâh miliki bahwa orang yang berda'wah kepada Tauhîd pasti akan mendapatkan ujian semisal itu, maka beliau Rahimahullâh pun semakin kokoh di atas kesabaran, beliau Rahimahullâh terus berupaya bagaimana caranya sehingga da'wah Ahlissunnah wal Jamâ'ah yang telah dida'wahkan oleh Ar-Rasûl Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam dan para shahabat j bisa tersampaikan kepada umat? Tidak satupun dari ilmu agama yang beliau Rahimahullâh ketahui kecuali beliau Rahimahullâh da'wahkan kepada yang lainnya.
Menjelang beliau Rahimahullâh sakit hingga mengantarkan beliau Rahimahullâh kepada kematian, beliau Rahimahullâh menyempatkan diri untuk menyampaikan khutbah Jum'at yang berkaitan dengan hukum pengambilan zakat dari orang-orang kaya lalu diserahkan kepada orang-orang miskîn, karena banyak dari kaumnya menyelisihi hal ini.
Ketika beliau Rahimahullâh menjelaskan berdasarkan dalîl-dalîl dari Al-Qur'ân dan As-Sunnah maka sebagian kaumnya bertambah benci dan semakin menjadi-jadi menebarkan fitnah kepada beliau Rahimahullâh, dan bahkan orang-orang yang tertarik dengan da'wah beliau Rahimahullâh diupayakan untuk menjauhi beliau Rahimahullâh, beliau Rahimahullâh terus bersabar dan selalu mewasiatkan untuk tetap di atas kebenaran, tidak lama kemudian beliau Rahimahullâh meninggal dunia.

Tempat Beliau Rahimahullâh Meninggal Dunia:
Ketika beliau Rahimahullâh sudah merasakan sakit, beliau Rahimahullâh pun ke kota Ambon, kemudian dirawat di RST (Rumah Sakit Tentara) Ambon, pada tanggal 28 Februari 2013 Masehi beliau Rahimahullâh meninggal dunia, dan beliau Rahimahullâh dimakamkan di Limboro.

Kebaikan Yang Terus Dikenang:
Beliau Rahimahullâh berda’wah dengan da’wah Tauhîd di Limboro selama 13 tahun, mulai dari tahun 2000 hingga 2013 M, Walhamdulillâh terlihat berpengaruh.
Ketika kami sudah kembali ke Tanah Air, kami mendengarkan dari orang-orang baik menyebut-nyebut beliau Rahimahullâh dengan sebutan yang baik, di antara mereka mengatakan bahwa dengan sebab khutbah Jum’at yang pernah beliau Rahimahullâh sampaikan, yang beliau Rahimahullâh jelaskan tentang permasalahan shalat dan beliau Rahimahullâh memberikan pemotivasian untuk melakukan shalat maka setelah itu banyak orang melakukan shalat.
Salah seorang dari tokoh masyarakat menyebutkan bahwa dia semakin bertambah rajin melakukan shalat berjama’ah di masjid karena setelah mendengarkan nasehat dari Al-Ustâdz Harmîn Rahimahullâh.
Salah seorang ikhwân Ahlissunnah di Limboro mengatakan: “Semasa hidup beliau Rahimahullâh tidak ada seorang pun dari para dâ’i Ahlissunnah yang diberi keluasan untuk berkhutbah di masjid Limboro kecuali beliau Rahimahullâh. 
Ikhwân tersebut berkata pula: “Kita semua di Limboro ini pada asalnya tidak kenal sunnah, beliaulah yang memperkenalkan kita kepada sunnah ini, bisa dibilang bahwa orang Limboro yang pernah jumpa dengan beliau Rahimahullâh atau masih mendapati beliau Rahimahullâh hidup, tentu pertama kali mengenal sunnah dari beliau Rahimahullâh.
Salah seorang tua dari tokoh masyarakat mengatakan: “Tidak ada seorang pun yang menyampaikan khutbah Jum’at lebih aku senangi daripada Al-Ustâdz Harmîn Rahimahullâh”.
Salah seorang dari teman beliau Rahimahullâh berkata: “Ketika Abul ‘Abbâs Rahimahullâh menangani proyek kayu jati di Maluku Tenggara, ada beberapa orang awam ikut beliau Rahimahullâh bekerja di proyek tersebut, dan beliau Rahimahullâh menerima mereka dengan persyaratan tidak akan merokok dan siap shalat 5 waktu. Sesampainya di lahan proyek di Maluku Tenggara, beliau Rahimahullâh menyempatkan diri membina dan menda’wahi mereka, dibukakan pelajaran Tajwîd dan praktek tata cara shalat. Di samping itu beliau Rahimahullâh juga diberi kepercayaan untuk mengisi khutbah Jum’at di masjid kota di sana.

Wasiat-wasiat Beliau Rahimahullâh Sebelum Meninggal Dunia:
Sebelum beliau Rahimahullâh meninggal dunia, beliau Rahimahullâh menyempatkan diri menghubungi kami, ketika itu kami masih di Dârul Hadîts Dammâj di Yaman, beliau Rahimahullâh mewasiatkan: “Bersabarlah karena mesti kita akan mendapatkan ujian dan cobaan dalam hidup ini”.
أَمۡ حَسِبۡتُمۡ أَن تَدۡخُلُواْ ٱلۡجَنَّةَ وَلَمَّا يَأۡتِكُم مَّثَلُ ٱلَّذِينَ خَلَوۡاْ مِن قَبۡلِكُمۖ مَّسَّتۡهُمُ ٱلۡبَأۡسَآءُ وَٱلضَّرَّآءُ وَزُلۡزِلُواْ حَتَّىٰ يَقُولَ ٱلرَّسُولُ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مَعَهُۥ مَتَىٰ نَصۡرُ ٱللَّهِۗ أَلَآ إِنَّ نَصۡرَ ٱللَّهِ قَرِيبٞ  
"Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk Surga, padahal belum datang kepada kalian (cobaan) sebagaimana orang-orang terdahulu sebelum kalian? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasûl dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allâh?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allâh itu amat dekat”. [Al-Baqarah: 214].
Dan beliau Rahimahullâh mewasiatkan pula: “Apa yang orang-orang lakukan kepadamu dan apa yang mereka upayakan untuk menyusahkan dan memadharatkanmu maka itu untuk mereka sendiri, mereka yang akan merasakan sendiri akibat dari perbuatan mereka”.
وَلِتُجۡزَىٰ كُلُّ نَفۡسِۢ بِمَا كَسَبَتۡ
“Dan supaya dibalas tiap-tiap jiwa terhadap apa yang telah dia lakukan”. [Al-Jatsiyah: 22].
Semoga Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ mengampuni beliau dan menjadikan beliau termasuk dari penghuni Jannah Firdaus yang Tertinggi, dan semoga Allâh Ta'âlâ menjaga anak keturunan dan keluarga beliau serta menjadikan peninggalan beliau berupa tulisan-tulisan bermanfaat dan berberkah.
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Ditulis oleh: 
Abû Ahmad Muhammad Al-Khidhir Di Limboro-Huamual pada tanggal 23 Rajab 1436.

Rujukan: 
* "Bintang-bintang Penerang Perahuku dalam Mengarungi Samudera Ilmu" (Hal. 16-17 / Maktabah Al-Khidhir Bekasi). 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar