Selasa, 24 Desember 2019

AYAT TENTANG GERHANA


📱 Pertanyaan:
Ustâdz, ma'af mengganggu, ana tertarik sekali dengan ceramah tadi malam tentang gerhana. Tapi Ustâdz, ma'af ya, surat Az-Zumar ayat 16 itu beda ya, tidak ada hubungannya dengan gerhana. Mohon penjelasannya ya Ustâdz. Jazâkumullâhu khairan.

📲 Jawaban:
Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ katakan:

لَهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ ظُلَلٌ مِّنَ النَّارِ وَمِنْ تَحْتِهِمْ ظُلَلٌ ۚ  ذٰلِكَ يُخَوِّفُ اللَّهُ بِهِۦ عِبَادَهُۥ  يٰعِبَادِ فَاتَّقُونِ

"Di atas mereka ada lapisan-lapisan dari api dan di bawah mereka juga ada lapisan-lapisan untuk mereka. Dengan demikian itu Allâh takut-takuti para hamba-Nya. Wahai hamba-hamba-Ku, maka bertakwalah kalian kepada-Ku." (Az-Zumar: 16). 

Penyebutan dengan lapisan-lapisan dan yang semisalnya, itu termasuk dari tanda-tanda kekuasaan Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ, ketika keberadaannya demikian maka jadilah itu sebagai dalîl umum yang bisa digunakan pada segala perkara yang berkaitan dengan tanda-tanda kekuasaan Allâh 'Azza wa Jalla, para 'ulamâ tafsîr telah tetapkan di dalam suatu kaedah umum:

الْعِبْرَةُ بِعُمُوْمِ اللَّفْظِ لاَ بِخُصُوْصِ السَّبَبِ

"Pelajaran itu pada keumuman-keumuman lafazh bukan pada kekhususan-kekhususan sebab."

Karena dalîl yang kami bawakan bersifat umum maka pada khutbah tadi malam kami sebutkan pula bahwa di dalam Al-Qur'ãn tidak ada penyebutan lafazh gerhana secara jelas kecuali pada surat Al-Qiyâmah yaitu:

وَخَسَفَ ٱلْقَمَرُ 

"Dan bulan pun gerhana." (Al-Qiyamah: 8).
Semoga Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ memberikan tambahan ilmu dan pemahaman untuk kita. 

Dijawab oleh: 
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh di Kemang Pratama 3 Bekasi pada tanggal 15 Jumadal Úlâ 1439. 

⛵ https://telegram.me/majaalisalkhidhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar