Senin, 23 Desember 2019

PERMISALAN ANTARA KAPAL NÚH DAN KAPAL TITANIC


✉️ Pertanyaan:
Ustâdz, hampir semua golongan yang mendakwahkan Islâm mengakui dakwahnya laksana perahu Nabî Nûh 'Alaihis Salâm, yang jadi pertanyaan saya: Golongan manakah yang dakwahnya laksana perahu Nabî Nûh 'Alaihis Salâm? 

📩 Jawaban:
Golongan yang dakwahnya dipermisalkan seperti kapal Nûh 'Alaihish Shalâtu was Salâm adalah golongan yang berada di atas jalan Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam, berkata Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ:

قُلْ هٰذِهٖ سَبِيْلِيْۤ اَدْعُوْۤا اِلَى اللّٰهِ ۗ  عَلٰى بَصِيْرَةٍ اَنَاۡ وَمَنِ اتَّبَعَنِيْ ۗ  وَسُبْحٰنَ اللّٰهِ وَمَاۤ اَنَاۡ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

"Katakanlah wahai Rasûl, Ini adalah jalanku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak kepada Allâh di atas keterangan ilmu, Maha Suci Allâh, dan aku tidak termasuk dari orang-orang musyrik." (Yûsuf: 108).

Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam telah menyebutkan tentang sifat kelompok dari umat beliau yang selamat yaitu:

مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِي

"Apa yang aku dan para shahabatku berada di atasnya." Diriwayatkan oleh At-Tirmidzî.

Golongan yang telah Allâh dan Rasûl-Nya Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam persaksikan dakwahnya di atas keselamatan adalah golongan yang dakwahnya mengikuti jejek para Shahabat dalam mendakwahkan Islâm dan Sunnah Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam:

وَالسّٰبِقُوْنَ الْاَوَّلُوْنَ مِنَ الْمُهٰجِرِيْنَ وَالْاَنْصَارِ وَالَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُمْ بِاِحْسَانٍ ۙ  رَّضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ وَاَعَدَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ تَحْتَهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۤ اَبَدًا ۗ  ذٰلِكَ الْـفَوْزُ الْعَظِيْمُ 

"Dan orang-orang yang terdahulu lagi terkemuka dari orang-orang Muhâjirîn dan Anshâr serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allâh ridhâ kepada mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Allâh menyediakan bagi mereka Surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar." (At-Taubah: 100).

Dakwah mereka itulah yang dinamai dengan dakwah Ahlussunnah wal Jamâ'ah, adapun dakwah yang bertentangan dan berseberangan dengan dakwah mereka maka dinamai dengan dakwah Ahlul Furqah wal Bida':

دَعْوَةُ أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ كَسَفِينَةِ نُوحٍ، مَنْ رَكِبَهَا سَلِمَ، وَدَعْوَةُ أَهْلِ الْفُرْقَةِ وَالْبِدْعَةِ كَسَفِينَةِ ﺗِﻴﺘَﺎﻧِﻴﻚَ، مَنْ رَكِبَهَا نَدِمَ

"Dakwah Ahlissunnah wal Jama'ah seperti kapal Nûh, barangsiapa menaikinya maka dia akan selamat. Dan dakwah Ahlil Furqah wal Bid'ah seperti kapal Titanic, barangsiapa menaikinya maka dia akan menyesal."

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Ayyadahullâh pada malam Selasa 27 Rabî'ul Akhir 1441 / 24 Desember 2019.

⛵⛵⛵
http://t.me/majaalisalkhidhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar