Senin, 23 Desember 2019

MENGENAL HAKEKAT SALAFÎ


⬜ Pertanyaan:
Saya mau tanya: Wahhâbî Salafî itu apa ya Ustâdz?

🔳 Jawaban:
Wahhabî adalah suatu istilah yang digunakan oleh 'Ulamâ terdahulu kepada para pengikut 'Abdul Wahhâb bin Rustam, para 'Ulamâ menyebutkan mereka termasuk dari kaum khawârij. 

Kemudian sebagian orang belakangan menyalahgunakan istilah Wahhâbî ini, mereka gunakan kepada siapa saja yang mengajarkan kitâb-kitâb Al-Imâm Muhammad bin 'Abdil Wahhâb An-Najdî Rahimahullâh, karena beliau Rahimahullâh memiliki beberapa kitâb, di antaranya kitâb Tauhîd yaitu suatu kitâb yang menjelaskan tentang Tauhîd dan memperingatkan dari bahaya syirik. Beliau juga memiliki beberapa kitâb seputar masalah' aqîdah dan tauhîd, dan kitâb-kitâb beliau tersebar ke seluruh penjuru dunia, diajarkan dan diterjemahkan ke berbagai bahasa. Beliau berdakwah sebelum dan sesudah berdirinya kerajaan Saudi Arabia, dakwah beliau didukung oleh Raja Su'ûd pendiri kerajaan Saudi Arabia, beliau mendakwahkan Tauhîd dan Sunnah, beliau mengamalkan Sunnah, beliau dan orang-orang yang bersamanya berpakaian sunnah, celana di atas mata kaki, berjubah, memelihara jenggot dan giat meramaikan masjid dengan ibadah dan kajian Islâm, apa yang mereka amalkan adalah sunnah-sunnah Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam yang telah asing di tengah umat. 

Adapun istilah Salafî maka istilah ini telah muncul di zaman Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam dan bahkan beliau yang menyebutkan istilah ini, beliau berkata kepada putrinya Fâthimah bintu Muhammad 'Alaihimash Shalâtu Wassalam:

فَإِنِّي نِعْمَ السَّلَفُ أَنَا لَكِ

"Sesungguhnya sebaik-baik Salaf bagimu adalah aku." Riwayat Al-Bukhârî. 

Yang dimaksud dengan Salaf di sini adalah yang terdahulu, yaitu orang terdahulu, berkata Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ:

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ 

"Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama masuk Islâm dari kalangan Muhâjirîn dan kalangan Anshâr serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allâh ridhâ kepada mereka dan mereka pun ridhâ kepada-Nya." [Surat At-Taubah: 100]. 

Oleh karena itu setiap orang yang mengikuti dan menisbatkan diri kepada Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam dan para shahabatnya maka dia dinamai dengan Salafî.

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Ayyadahullâh di Mutiara Gading Bekasi pada hari Sabtu 23 Rajab 1440 / 30 Maret 2019.

⛵️ http://t.me/majaalisalkhidhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar