Sabtu, 09 Mei 2020

MENYEMPURNAKAN RAKA'AT YANG TERTINGGAL

Pertanyaan:
Minta tolong ditanyakan kepada Ustâdz, bagaimana keadaan ma'mûm shalat tarâwih 11 raka'at kemudian keluar dari shaff untuk buang hajat, selepas itu masuk semula ke dalam shaff dan shalat sehingga selesai bersama imâm, apakah ma'mûm itu menambah raka'atnya selepas imâm selesai memberi salâm, contoh: ma'mûm tertinggal dua raka'at kemudian setelah imâm selesai memberi salâm daripada satu raka'at witir langsung ma'mûm berdiri menambah satu raka'at lagi kemudian salâm dan shalat satu raka'at witir kemudian salâm, apakah ini benar? Jazâkallâhu khairan.

Jawaban:
Apa yang dilakukan oleh ma'mûm tersebut telah benar, dia menyempurnakan raka'at yang tertinggal sebagaimana yang diperintahkan oleh Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam:

فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا

"Apa yang kalian dapatkan bersama imâm maka shalatlah kalian bersamanya, dan apa yang terluputkan bagi kalian maka sempurnakanlah oleh kalian." Riwayat Al-Bukhârî (no. 635).

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada hari Sabtu tanggal 16 Ramadhân 1441 / 9 Mei 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar