Selasa, 12 Mei 2020

BIOGRAFI SINGKAT ABÛ MÛSÂ AL-ASY'ARÎ RADHIYALLÂHU 'ANHU


Beliau adalah 'Abdullâh bin Qais Al-Asy'ârî, kunyah beliau Abû Mûsâ dan beliau masyhûr dengan kunyahnya. 
Beliau lahir di Yaman dan datang ke Makkah sebelum Islâm, kemudian masuk Islâm, setelah itu beliau kembali ke qabîlah Al-Asy'ariyyîn Al-Qahthâniyyah di Yaman. Kemudian beliau bersama 50 orang lebih dari kaumnya keluar dengan menaiki kapal, hingga menghanyutkan mereka ke Habsyah. Setelah itu mereka ke Madînah, dan mendapati Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam bersama para Shahabat dalam persiapan untuk perang Khaibar dan Abû Mûsâ Al-Asy'arî ikut perang pertama bersama Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam pada perang Khaibar.

Beliau dijadikan oleh Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam sebagai wali kota Zabîd dan 'Aden di Yaman. Kemudian di zaman pemerintahan 'Umar Ibnul Khaththâb, beliau diangkat sebagai wali kota Bashrah. Pada zaman pemerintahan 'Utsmân bin 'Affân, beliau diangkat sebagai wali kota Kûfah. Pada pemerintahan 'Alî bin Abî Thâlib, beliau menjadi hâkim untuk memutuskan perkara pada perang Shiffîn.
Beliau termasuk dari Shahabat yang banyak meriwayatkan hadîts, Adz-Dzahabî menyebutkan bahwa beliau memiliki 163 hadîts di dalam "Musnad Baqî bin Makhlad" dan 49 hadîts di dalam "Ash-Shahîhain", Al-Bukhârî meriwayatkan hadîtsnya secara bersendirian sebanyak 4 hadîts dan Muslim sebanyak 15 hadîts.
Ahlul Hadîts menyebutkan bahwa yang ikut meriwayatkan hadîts dari beliau adalah anak-anak beliau yaitu Ibrâhîm, Abû Burdah dan Mûsâ. Isteri beliau juga ikut meriwayatkan hadîts dari beliau yaitu Ummu 'Abdillâh dan Ummu Kultsûm bintu Fadhl bin 'Abbâs bin 'Abdil Muththalib.
Selain mengajarkan hadîts, beliau juga mengajarkan Al-Qur'ãn, dan Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam telah memuji beliau, Al-Bukhârî Rahimahullâh meriwayatkan di dalam "Shahîh"nya (no. 5048) dari jalur periwayatan Buraidah bin 'Abdillâh bin Abî Burdah dari kakeknya Abû Burdah dari Abû Mûsâ Radhiyallâhu 'Anhu, dari Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam, beliau berkata kepadanya:

يَا أَبَا مُوسَى لَقَدْ أُوتِيتَ مِزْمَارًا مِنْ مَزَامِيرِ آلِ دَاوُدَ

"Wahai Abû Mûsâ, sungguh benar-benar telah diberikan kepadamu kemerduan lantunan dari berbagai kemerduan lantunan keluarga Dâwud."

Beliau wafat pada bulan Dzulhijjah tahun 44 Hijriyyah dan tempat wafatnya tidak diketahui secara pasti, hanya saja ada yang menyebutkan bahwa beliau wafat di suatu kampung dekat Kûfah dan apa pula yang mengatakan beliau wafat di Makkah.

Dikutip dari kajian Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada pembacaan kitâb Al-Maqâlah (hadîts no. 9), malam Rabu tanggal 20 Ramadhân 1441 / 13 Mei 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar