Selasa, 12 Mei 2020

ISTIGHFÂR YANG PALING BANYAK DIUCAPKAN OLEH NABÎ SHALLALLÂHU 'ALAIHI WA SALLAM

Pertanyaan:
Untuk lafadz istighfâr, lebih dianjurkan yang mana untuk berdzikir: 

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ

"Astaghfirullâhal 'Adhîm."
Artinya:
"Aku beristighfâr kepada Allâh yang Al-'Azhîm (Maha Besar)." Ataukah:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

"Astagfirullah Waatûbu Ilaih."
Artinya:
"Aku beristighfâr kepada Allâh dan aku bertaubat kepadanya."

Jawaban:
Istighfâr dari Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam yang paling banyak beliau ucapkan adalah:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

"Astagfirullah Waatûbu Ilaih."
Artinya:
"Aku beristighfâr kepada Allâh dan aku bertaubat kepadanya."

Ini yang paling banyak beliau ucapkan, sebagaimana yang dinyatakan oleh Al-Bukhârî Rahimahullâh di dalam "Shahîh"nya, beliau berkata:

بَابُ اسْتِغْفَارِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ

"Bâb istighfâr Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam dalam sehari dan semalam."
Setelah beliau membuat bâb tersebut, beliau berkata (no. 6307):

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنِ الزُّهْرِيِّ قَالَ: أَخْبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ: قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: وَاللَّهِ إِنِّي لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِي الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً

"Telah menceritakan kepada kami Abul Yamân, beliau berkata: Telah mengabarkan kepada kami Syu'aib, dari Az-Zuhrî, beliau berkata: Telah mengabarkan kepadaku Abû Salamah bin 'Abdirrahmân, beliau berkata: Berkata Abû Hurairah: Aku mendengar Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam berkata: "Demi Allâh, sesungguhnya aku benar-benar mengucapkan: Astagfirullah Waatûbu Ilaih dalam sehari lebih dari 70 kali."

'Âisyah Radhiyallâhu 'Anhâ juga berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُكْثِرُ مِنْ قَوْلِ: سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

"Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam banyak mengucapkan: Subhânallâh Wabihamdih, Astaghfirullâh Waatûbu Ilaih."
Artinya:
"Maha Suci Allâh dan segala puji untuk-Nya, aku beristighfâr kepada Allâh dan aku bertaubat kepada-Nya." Riwayat Muslim (no. 1116).

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh sebelum kajian kitâb Al-Maqâlah (hadîts no. 9), pada malam Rabu tanggal 20 Ramadhân 1441 / 13 Mei 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar