Sabtu, 11 Juli 2020

SEMOGA ALLÂH MEMBUKA KAN JALANMU WAHAI PENUNTUT ILMU

Pertanyaan:
Yâ Ustâdz, apakah ada pekerjaan buat saya walaupun tidak dibayar tidak apa-apa Ustâdz, yang penting dikasih makan satu kali saja sehari tidak apa-apa, dan juga yang penting saya bisa buat tidur dan bisa belajar sama Ustâdz? Semoga Allâh mudahkan permintaan saya untuk bisa menuntut ilmu.

Jawaban:
Untuk makan dan minum Insyâ Allâh kami upayakan bisa menyanggupi bagi penuntut ilmu yang ingin mendekat ke kami, baik tinggal bertetangga dengan kami atau tinggal berbeda petak dengan kami, selama kami bisa makan dan minum Insyâ Allâh penuntut ilmu yang mendekat juga bisa sebagaimana kami, karena Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam telah katakan:

مَا آمَنَ بِي مَنْ بَاتَ شَبْعَان وَجَارُهُ جَائِعٌ إِلَى جَنْبِهِ وَهُوَ يَعْلَمُ بِهِ

"Tidak beriman kepadaku secara sempurna orang yang bermalam dalam keadaan kenyang sementara tetangga yang di sampingnya lapar padahal dia mengetahui keadaannya." Riwayat Ath-Thabrânî dan Al-Bazzâr. 

Namun yang menjadi kendala bagi kami adalah tempat tinggal, karena sampai saat ini kami belum memiliki kemampuan untuk mengontrak dua rumah petak, satu petaknya untuk penuntut ilmu dari kalangan fuqarâ dan satu petaknya lagi untuk kami sekeluarga. Demikian pula kami belum berkesanggupan untuk mengontrak rumah seperti Rumah Qur'ãn atau Rumah Tahfizh yang biasanya kami lihat di beberapa tempat.
Harapan dan doa kami semoga yang bertanya dan yang semisalnya, yang memiliki niat dan tekad untuk menuntut ilmu, semoga Allâh memberi kemudahan dan memberi jalan keluar untuk bisa menuntut ilmu. Selama ada kemauan, keinginan dan bekal taqwâ maka Insyâ Allâh akan ada jalan keluar:

وَمَن یَتَّقِ ٱللَّهَ یَجۡعَل لَّهُۥ مَخۡرَجࣰا * وَیَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَیۡثُ لَا یَحۡتَسِبُ

"Barangsiapa bertaqwâ kepada Allâh maka Allâh akan memberikan jalan keluar untuknya dan akan memberikan rezki kepadanya dari arah yang tidak dia sangka-sangka." [Surat Ath-Thalâq: 2-3].
Nas'alullâha min Fadhlih.

Orang yang menyeru kepada kejelekan dan kesesatan saja dapat dibukakan jalan-jalannya, apalagi kita yang berupaya menyerukan kepada kebaikan dan petunjuk, Insyâ Allâh akan lebih dibulan jalan-jalan kita.

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada malam Ahad tanggal 20 Dzulqa'dah 1441 / 12 Juli 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar