Rabu, 29 Juli 2020

BIOGRAFI ASY-SYAIKH ABÛ ABDILLÂH MA'MÛN ADH-DHÂLI'I RAHIMAHULLÂH

 

Nama dan Nasab Beliau Rahimahullâh

Beliau Rahimahullâh adalah Asy-Syaikh Abû Abdillâh Ma'mûn bin Abdillâh bin Shâlih Adh-Dhâli'î Rahimahullâh. Beliau Rahimahullâh berasal dari propinsi Dhâli', bertetangga dengan propinsi Ibb di Yaman.

Kesungguhan Beliau Rahimahullâh Dalam Menuntut Ilmu

Beliau Rahimahullâh termasuk salah seorang penuntut ilmu yang memiliki semangat tinggi dalam menuntut ilmu, seorang syaikh berkata tentang beliau Rahimahullâh:

الشَّيْخُ مَأْمُوْنٌ الضَّالِعِيُّ يَحْفظُ الْقُرْآنَ وَرِيَاضَ الصَّالِحِيْنَ

"Asy-Syaikh Ma'mûn Adh-Dhâli'î, beliau hafal Al-Qur'ân dan Riyâdhush Shâlihîn".
Dan beliau Rahimahullâh pernah menyebutkan kepada kami bahwa beliau Rahimahullâh ingin memulai menghafal hadîts-hadîts dengan tanpa menghafal sanadnya. Beberapa hari sebelum terjadi pengepungan Dammâj, beliau Rahimahullâh meminta kepada kami untuk memberikan beberapa mutûn ahâdîts untuk beliau Rahimahullâh hafal sebagai tambahan hafalan beliau terhadap "Mukhtshar Shahîh Muslim" yang telah beliau Rahimahullâh hafal, karena setelah 'Idul Adhâ beliau Rahimahullâh rencana akan keluar dakwah, namun belum sempat beliau Rahimahullâh keluar dakwah, sudah terjadi pengepungan terhadap Dammâj oleh kaum Hutsî dan terjadi perang dahsyat.

Beliau Rahimahullâh termasuk dari para pengajar di Dârul Hadîts Dammâj

Beliau Rahimahullâh termasuk dari para pengajar di Dârul Hadîts Dammâj dan beliau Rahimahullâh sering keluar dakwah ke beberapa daerah di Yaman.
Beliau Rahimahullâh ketika di Dammâj menekuni ilmu "Musthalahul Hadîts", beliau Rahimahullâh mengajarkan ilmu syar'î pada bidang tersebut secara berurutan, mulai dari "Baiqûniyyah" hingga "Dhawâbith Al-Jarhi wat Ta'dîl".

Kitab Dan Karya Tulis Beliau Rahimahullâh

Beliau Rahimahullâh di samping menuntut ilmu, mengajar dan keluar berdakwah, beliau Rahimahullâh menyempatkan pula membahas dan menulis, beliau Rahimahullâh bekerja sama dengan kami dalam memegang kunci ruang komputer Dârul Hadîts Dammâj, beberapa hari sebelum adanya pengepungan terhadap Dammâj, beliau Rahimahullâh meminta tolong kepada kami untuk mengirimkan dua tulisan beliau Rahimahullâh ke salah satu penerbit kitâb di Mesir, beliau Rahimahullâh menemani kami ke internet, lalu kami kirimkan dua tulisan beliau Rahimahullâh tersebut, semoga Allâh memberkahi tulisan-tulisan kami dan tulisan-tulisan beliau Rahimahullâh dan menjadikannya bermanfaat.
Diantara tulisan-tulisan beliau Rahimahullâh yang adalah:
1. Asy-Syarhu Al-Mukhtashar 'Alâ An-Nuzhatin Nazhar.
2. Nashihatun Liahlissunnati khushûshan Walil Muslimîna 'Umûman.

Dan salah seorang syaikh berkata tentang beliau Rahimahullâh:

وَلَهُ مُؤَلَّفَاتٌ وَتَحْقِيْقَاتٌ وَرُدُوْدٌ عِلْمِيَّةٌ

"Dan beliau memiliki tulisan-tulisan, penjelasan-penjelasan berupa catatan kaki dan bantahan-bantahan ilmiyyah".

Luasnya Wawasan Beliau Rahimahullâh

Walau pun beliau Rahimahullâh menekuti bidang "Ilmu Musthalah" namun bukan berarti beliau lemah dalam masalah ilmu yang lainnya, justru beliau menonjol pula pada bidang yang lainnya, pernah kami mendengarkan penjelasan beliau yang lebih terperinci tentang masalah aqîdah, ketika ada salah seorang pengajar aqîdah memiliki satu permasalahan, maka beliau Rahimahullâh menjelaskannya dengan lebih terperinci dan lebih mendeteil.
Ini menunjukan bahwa setiap ada yang berilmu mesti ada yang lebih berilmu darinya:

وَفَوْقَ كُلِّ ذِي عِلْمٍ عَلِيمٌ

"Dan di atas setiap orang yang berilmu itu ada lagi yang lebih berilmu". [Yusûf: 76].

Menyambut Seruan Jihad

Kebiasaan beliau Rahimahullâh dalam setiap harinya adalah menuntut ilmu, mengajar, membahas dan menulis, bersamaan dengan itu beliau Rahimahullâh menjadi komandan dan penanggung jawab jaga di Jabal Thullâb untuk orang-orang Dhâli', ketika beliau Rahimahullâh mencari kami untuk meminjam kunci ruang komputer dan mengetahui kami sedang jaga, maka beliau Rahimahullâh menuturkan bahwa beliau Rahimahullâh selaku penanggung jawab jaga untuk qabilahnya tidak dikenai jaga, karena terus mengontrol pasukannya, beliau Rahimahullâh menginkan agar kami sebagai penanggung jawab jaga untuk orang-orang Indoensia dan Malaysia tidak pula ikut jaga namun cukup mengontrol pasukan jaga saja, namun kami ingin merangkul, bisa jaga, bisa mengontrol yang jaga serta bisa melaksanakan aktivitas lainnya, Walhamdulillâh.
Keberadaan beliau Rahimahullâh tidak jaga namun mâsyâ Allâh, ketika sudah bunyi tembakan-tembakan maka beliau Rahimahullâh langsung meninggalkan aktivitas beliau Rahimahullâh dan lalu pergi menuju tempat terjadinya pertempuran.
Kebiasaan beliau Rahimahullâh sering ke Jabal Thullâb, namun ketika beliau Rahimahullâh mendengar bahwa guru kami Asy-Syaikh Abû Abdillâh Kamâl bin Tsâbit Al-Adnî Rahimahullâh telah terbunuh di Masâdir maka beliau Rahimahullâh langsung turun dari Jabal Thullâb menuju ruang komputer dengan berpakaian lengkap untuk siap tempur, ketika beliau Rahimahullâh berjumpa dengan kami di jalan dari arah kampung Wathân, maka kami bersama beliau Rahimahullâh ke ruang komputer, beliau Rahimahullâh ingin mengambil sesuatu di ruang komputer kemudian beliau Rahimahullâh langsung ke Masâdir untuk menjemput mati syahîd -semoga Allâh menjadikan kita dan beliau termasuk dari para syuhadâ'-.
Beliau Rahimahullâh bersama satu pasukan sekitar 20 orang bergegas menuju pemukiman Ãlu Mannâ' untuk maju ke Masâdir, ketika kami dari kampung Wathan melihat serangan kaum kâfir râfidhah semakin dahsyat terhadap Masâdir, maka kami bersama pasukan Asy-Syaikh 'Abdullâh Muzâhim Rahimahullâh yang masih ada di maktabah langsung bergegas menuju ke pemukiman Ãlu Mannâ', sesampainya kami di Ãlu Mannâ', kami mendapati beberapa kawan menemani Asy-Syaikh Al-'Amûdî 'Afallâhu 'Anhu yang sedang terluka, kami menanyakan bagaimana dengan keadaan guru kami Asy-Syaikh Ma'mûn Rahimahullâh, mereka menjawab bahwasanya beliau Rahimahullâh dan beberapa kawan sudah tidak bisa mundur karena sudah terjepit, kami mencoba memperhatikan dari salah satu rumah tinggi di ujung pemukiman Ãlu Mannâ' namun tidak terlihat lagi, pada besok harinya kami bersama 5 kawan mencoba untuk maju, namun sudah tidak bisa lagi, karena râfidhah bertambah maju ke kebun di dekat pemukiman Ãlu Mannâ', kami berlima hanya bertahan di perbatasan, di tengah kebun anggur antara Ãlu Mannâ' dengan Masâdir, dari pagi hingga jam 1 malam baru kami bisa keluar dari perbatasan tersebut.
Ketika kami keluar, kami berjumpa dengan Al-Ustâdz Muhammad Ar-Râfi'î Al-Jâwî Rahimahullâh, beliau Rahimahullâh berkata: "Dari mana antum tadi?", kami menjawab: "Dari kebun di depan sana", beliau Rahimahullâh langsung berucap: "Astaghfirullâh, kami mengira yang di sana itu hutsî (yakni râfidhah), ngawur sekali orang-orang Shaumalia yang jaga di bawah pohon itu, mereka bilang yang di depan mereka adalah para hutsî, ana pun menembakan mortir ke tempat antum tadi, juga ana ditelpon teman-teman di Wathan, mereka bertanya ke arah mana mereka akan tembakan mortir, ana bilang ke kebun itu, ternyata di situ antum, ‘afwân Akhânâ, Astaghfirullâh, terus tembakan mortir kami tadi jatuh di mana?". Kami jawab: "Kami tidak tahu lagi, yang jelas mortirnya jatuh ke kiri ke kanan, di depan di belakang, dan berkali-kali tank hutsî menembak ke kami, sampai senjata kami tertimbun tanah, belum lagi mereka bertambah dekat, hingga menghujani kami dengan lemparan-lemparan geranat.....". Beliau berkata: "Alhamdulillâh antum tidak apa-apa". Kami jawab: "Alhamdulillâh, namun kawan-kawan kita yang kemarin sekitar 30 orang sudah tidak bisa lagi mundur", mungkin sudah pada meninggal wafat".
Besok paginya, seorang orator râfidhah berteriak lewat pengeras suara dengan menyatakan bahwa kawan-kawan kami telah mati di kebun-kebun anggur, mereka menantang sambil bertanya: "Mana karâmahnya mereka?! kenapa jenâzah-jenâzah mereka telah hancur dan busuk?". Padahal ketika itu mereka baru selesai menghancurkan dan merusak tubuh-tubuh para jenâzah kawan-kawan kami, sebagaimana dahulu mereka merusak jenâzah kawan-kawan kami pada pengepungan yang pertama, dan tampak kejelekan dan kedustaan mereka, ketika salah seorang kawan terbunuh di kebun anggur, setengah badannya tertimbun tanah dan setengah badannya lagi terlihat, para râfidhah merusak badan yang yang terlihat tadi hingga yang tersisa hanya tengkorak namun sebagian yang tertimbun masih utuh, tidak dimakan oleh tanah, Walhamdulillâh.
Ketika Asy-Syaikh Abû Abdirrahmân Yahyâ Al-Hajûrî 'Afallâhu 'Anhu memutuskan untuk hijrah dari Dammâj, dengan memberikan beberapa persyaratan, di antaranya hendaknya diserahkan tengkorak-tengkorak dari jenâzah kawan-kawan kami, maka pada hari kedua sebelum hijrah meninggalkan Dammâj, dikumpulkanlah jenâzah-jenâzah tersebut, semuanya 30 jenâzah lebih, dan semuanya dikebumikan di pemakan syuhadâ' baru di Dammâj, -semoga Allâh menjadikan kita dan mereka termasuk dari para syuhadâ.

Dinukil dari buku “Mengenang Para Pengemudi Perahuku Yang Berlayar Mengarungi Samudera Ilmu” karya Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir penerbit Maktabah Al-Khidhir Bekasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar