Rabu, 05 Februari 2020

BEDA SALAFIYYAH DENGAN ASY'ARIYYAH DAN MÂTURÎDIYYAH


📱 Pertanyaan:
Ustâdz, apakah benar bahwa Salafiyyah itu kelompok belakangan, berbeda dengan Asy'ariyyah dan Mâturîdiyyah yang sudah dari zaman dahulu?

📲  Jawaban:
Tanpa kita ragukan bahwa Salafiyyah adalah kelompok yang terdahulu, yaitu kelompok Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam, karena Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam telah katakan:

فَإِنِّي نِعْمَ السَّلَفُ أَنَا لَكِ

"Sesungguhnya sebaik-baik Salaf bagimu adalah aku." Riwayat Al-Bukhârî. 

Yang dimaksud dengan Salaf di sini adalah yang terdahulu, yaitu orang terdahulu, berkata Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ:

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

"Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama masuk Islâm dari kalangan Muhâjirîn dan kalangan Anshâr serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allâh ridhâ kepada mereka dan mereka pun ridhâ kepada-Nya. Allâh menyediakan bagi mereka Surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung." [Surat At-Taubah: 100]. 

Oleh karena itu setiap kelompok yang mengikuti dan menisbatkan diri kepada Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam dan para shahabatnya maka dinamai dengan Salafiyyah.

Dari keterangan tersebut jelaslah dengan sejelas-jelasnya bahwa Salafiyyah lebih dahulu daripada Asy'ariyyah dan Mâturîdiyyah, karena Asy'ariyyah adalah pengikutan dan penisbatan kepada Al-Imâm Abul Hasan Al-Asy'arî Rahimahullâh, sementara beliau wafat sekitar tahun 324 Hijriyyah. Adapun Mâturîdiyyah adalah pengikutan dan penisbatan kepada Abû Manshûr Al-Mâturîdî yang wafat sekitar tahun 333 Hijriyyah.

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada malam Rabu 22 Jumâdal Ãkhirah 1440 / 27 Februari 2019 di Kemang Pratama 3 Bekasi. 

⛵️ http://t.me/majaalisalkhidhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar