Rabu, 05 Februari 2020

ADAKAH HADÎTS YANG MEMUJI ASY'ARIYYAH DAN MÂTURÎDIYYAH?


📱 Pertanyaan:
Benarkah bahwa Asy'ariyyah dan Mâturîdiyyah adalah dua kelompok yang dipuji oleh Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam?

📲  Jawaban:
Tidak ada satu pun dalîl yang shahîh dari As-Sunnah yang menyebutkan bahwa Asy'ariyyah dan Mâturîdiyyah adalah kelompok yang dipuji oleh Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam, bagaimana beliau akan menyebutkan tentang dua kelompok tersebut dengan penamaan persis seperti itu sementara kedua kelompok tersebut diadakan beberapa abad setelah zaman Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam?!

Sebagian orang yang fanatik dengan kelompok Asy'ariyyah dan Mâturîdiyyah mencoba memaksa-maksakan suatu hadîts yang lafazhnya:

لَتُفْتَحَنَّ الْقُسْطَنْطِينِيَّةُ فَلَنِعْمَ الْأَمِيرُ أَمِيرُهَا وَلَنِعْمَ الْجَيْشُ ذَلِكَ الْجَيْشُ

"Akan ditaklukkan Konstantinopel, sebaik-baik pemimpin adalah pemimpin yang menaklukannya dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan yang menaklukannya."

Asy'ariyyah dan Mâturîdiyyah katakan bahwa pemimpin dan pasukan tersebut adalah dari kelompok Asy'ariyyah dan Mâturîdiyyah, padahal hadîts tersebut dha'îf, di dalam sanadnya ada seorang perawi yang majhûl, Al-Hâfizh Ibnu Hajar Rahimahullâh menyebutkan tentang orang tersebut bahwa namanya tidak jelas, namanya disebut 'Abdullâh bin Bisyr Al-Ghanawî, ada pula yang sebut dengan 'Ubaidillâh, ada pula menyebutnya dengan 'Ubaid, demikian pula penyebutan ayahnya berbeda-beda, disebut Bisyr, disebut Basyîr, demikian pula nisbatnya tidak jelas. Oleh karenanya hadîts tersebut adalah hadîts dha'îf.

Kalaupun ada yang tetap memaksa-maksakan hadîts tersebut supaya shahîh atau menganggapnya shahîh maka kita katakan bahwa yang dimaksud penaklukan Konstantinopel tersebut itu akan terjadi pada akhir zaman nanti, sedangkan pemimpin yang disebutkan tersebut adalah Muhammad bin 'Abdillâh Radhiyallâhu 'Anhu yang dikenal dengan Imâm Al-Mahdî, beliau bersama pasukannya, karena disebutkan di dalam suatu hadîts:

عُمْرَانُ بَيْتِ الْمَقْدِسِ خَرَابُ يَثْرِبَ، وَخَرَابُ يَثْرِبَ خُرُوجُ الْمَلْحَمَةِ وَخُرُوجُ الْمَلْحَمَةِ فَتْحُ الْقُسْطَنْطِينِيَّة، وَفَتْحُ الْقُسْطَنْطِينِيَّة خُرُوجُ الدَّجَّالِ

"Kemakmuran Baitul Maqdis itu pada saat pengosongan Yatsrib, pengosongan Yatsrib itu pada saat terjadinya perang dunia besar-besaran, terjadinya perang dunia besar-besaran itu pada saat penaklukan Konstantinopel dan penaklukan Konstantinopel itu pada saat keluarnya Dajjâl." Riwayat Abû Dâwud dari Mu'âdz bin Jabal Radhiyallâhu 'Anhu. 
Berkata Ibnu Katsîr Rahimahullâh tentang hadîts ini:

وَهَذَا إِسْنَادٌ جَيِّدٌ وَحَدِيْثٌ حَسَنٌ، وَعَلَيْهِ نُوْرُ الصِّدْقِ وَجَلَالَةُ النُّبُوَّةِ

"Hadîts ini bersanad bagus dan ini adalah hadîts hasan, ada padanya cahaya kejujuran dan kemuliaan terhadap kenabian Muhammad Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam."

Dengan demikian jelaslah bahwa yang dimaksud sebaik-baik pemimpin adalah Imâm Al-Mahdî dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan beliau, berkata Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam tentang kepemimpinan beliau:

فَيَنْزِلُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَيَقُولُ أَمِيرُهُمْ: تَعَالَ صَلِّ لَنَا. فَيَقُولُ: لاَ، إِنَّ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ أُمَرَاءُ. تَكْرِمَةَ اللَّهِ هَذِهِ الأُمَّةَ

"Turun 'Îsâ bin Maryam Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam, maka berkatalah pemimpin orang-orang beriman kepadanya: Kemarilah untuk engkau imami kami! Beliau katakan: Tidak, sesungguhnya sebagian kalian adalah para pemimpin atas sebagian yang lain, ini sebagai pemuliaan dari Allâh terhadap umat ini." Riwayat Muslim dari Jâbir bin 'Abdillâh Radhiyallâhu 'Anhumâ.

Jadi Imâm Al-Mahdî adalah pemimpin, di dalam pasukannya ada 'Îsâ bin Maryam 'Alaihimash Shalâtu was Salâm, ini yang dikatakan sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik pasukan, dan tidak ada dalîl yang menyebutkan bahwa Asy'ariyyah dan Mâturîdiyyah dipuji oleh Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam, bahkan itu adalah suatu kelompok yang diada-adakan di dalam Islâm, Wallâhu A'lam. 

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada hari Senin 19 Jumâdal Ãkhirah 1440 / 24 Februari 2019
di Kemang Pratama 3 Bekasi.  

⛵️ http://t.me/majaalisalkhidhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar