Sabtu, 11 April 2020

BIOGRAFI 'ABDULLÂH BIN MAS'ÛD RADHIYALLÂHU 'ANHU


Beliau adalah 'Abdullâh bin Mas'ûd bin Ghâfil bin Habîb Al-Hudzalî, kunyah beliau adalah Abû 'Abdirrahmân. 
Beliau dinisbatkan pula kepada ibunya yaitu Ibnu Ummi 'Abd dan disebut pula sebagai Shâhib Na'lain Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam sebagaimana yang dikatakan oleh Abud Dardâ' kepada 'Alqamah Radhiyallâhu 'Anhumâ:

أَوَلَيْسَ عِنْدَكُمُ ابْنُ أُمِّ عَبْدٍ صَاحِبُ النَّعْلَيْنِ وَالْوِسَادِ وَالْمِطْهَرَةِ

"Bukankah di tengah-tengah kalian ada Ibnu Ummi 'Abd pemegang dua sandal Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam, pembawa bantal dan bejananya." Riwayat Al-Bukhârî (no. 3742). 

Beliau termasuk dari orang-orang yang pertama-tama masuk Islâm, disebutkan bahwa beliau orang yang urutan keenam masuk Islâm. Beliau dua kali hijrah, hijrah ke Habsyah dan hijrah ke Madînah, beliau ikut perang Badr, Uhud, Khandaq dan ikut Bai'at Ridhwân serta ikut berbagai peperangan yang lainnya.
Beliau termasuk salah seorang 'Ulamâ Shahabat yang menguasai Kitâbullâh dan ahlinya, beliau berkata:

وَاللَّهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ مَا أُنْزِلَتْ سُورَةٌ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ إِلاَّ أَنَا أَعْلَمُ أَيْنَ أُنْزِلَتْ وَلاَ أُنْزِلَتْ آيَةٌ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ إِلاَّ أَنَا أَعْلَمُ فِيمَ أُنْزِلَتْ، وَلَوْ أَعْلَمُ أَحَدًا أَعْلَمَ مِنِّي بِكِتَابِ اللَّهِ تُبَلِّغُهُ الإِبِلُ لَرَكِبْتُ إِلَيْهِ

"Demi Allâh yang tidak ada sesembahan dengan benar selain-Nya, tidaklah diturunkan suatu surat dari Kitâbullâh kecuali aku mengetahui dimana diturunkan, tidaklah turun suatu ayat dari Kitâbullâh kecuali aku mengetahui tentang apa diturunkan. Kalau aku mengetahui ada seseorang yang lebih mengetahui tentang Kitâbullâh daripada aku yang kendaraan bisa menempuhnya maka aku akan naik kendaraan untuk menuju kepadanya." Riwayat Al-Bukhârî (no. 5002). 

'Abdullah bin Mas’ud Radhiyallâhu 'Anhu wafat di zaman pemerintahan Amîrul Mu'minîn 'Utsmân bin 'Affân, pada tahun 32 Hirjiyah, beliau dimakamkan di pemakaman Baqî' di Madînah.

Dinukil dari kajian Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh dalam pembacaan kitâb Al-Maqâlah pada hari Ahad pagi tanggal 18 Sya'bân 1441 / 12 April 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar