Rabu, 10 Juni 2020

KEUTAMAAN MENDAPATKAN SHAFF PERTAMA DI DALAM SHALAT BERJAMÂ'AH

Pertanyaan:
Mana yang lebih utama shalat qabliyyah di rumah tapi ketika shalat jamâ'ah dapat shaff paling belakang, atau shalat qabliyyah di masjid dan dapat shaff pada shalat berjamâ'ah paling depan. Bârakallâhu fîkum. 

Jawaban:
Jika keadaan seseorang seperti yang disebutkan pada pertanyaan maka lebih utama baginya untuk shalat qabliyyah di masjid sehingga dia tidak mendapatkan shaff terbelakang, berkata Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam:

خَيْرُ صُفُوفِ الرِّجَالِ أَوَّلُهَا وَشَرُّهَا آخِرُهَا

"Sebaik-baik shaff bagi para lelaki adalah yang pertamanya dan sejelek-jelek shaff adalah yang paling akhirnya." Riwayat Muslim. 
Ketika seseorang memilih shalat qabliyyah di masjid dengan maksud untuk mendapatkan shaff pertama maka dia memperoleh keutamaan sangat besar yang tidak terhingga, berkata Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam:

وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي الصَّفِّ الْمُقَدَّمِ لاَسْتَهَمُوا

"Kalaulah mereka mengetahui keutamaan pada shaff pertama maka sungguh mereka akan saling berundi (untuk mendapatkannya)." Riwayat Al-Bukhârî. 
Di dalam suatu lafazh pada riwayat Al-Bukhârî:

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الأَوَّلِ، ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلاَّ أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لاَسْتَهَمُوا

"Kalaulah orang-orang mengetahui keutamaan dalam memenuhi panggilan adzân dan mendatangi shaff pertama, kemudian mereka tidak akan mendapati kecuali dengan melakukan undian padanya maka mereka akan saling mengundi."

Di dalam riwayat Ahmad dan An-Nasâ’î:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الصَّفِّ الْمُقَدَّمِ

"Sesungguhnya Allâh melimpahkan rahmat kepada orang-orang yang berada di shaff pertama, dan para malaikat-Nya memohonkan berkah kepada mereka."

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada malam Kamis tanggal 20 Syawwâl 1441 / 11 Juni 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi.

⛵️ https://t.me/majaalisalkhidhir/4671

Tidak ada komentar:

Posting Komentar