Minggu, 28 Juni 2020

ALLÂH LEBIH MENGETAHUI YANG TERBAIK UNTUK KITA


Pertanyaan:
'Afwân admin Majaalis Al-Khidhir saya hendak bertanya, saya mendengar kabar Ustâdz Al-Khidhir mulai rencana buat ma'had, kapan rencana beliau bisa ada ma'had? Jika demikian Insyâ Allâh saya juga berniat mukim dekat Ustâdz supaya bisa ta'lim rutin. 

Jawaban:
Kita hanya merencanakan dan mengharapkan, Allâh-lah yang menentukan yang terbaik. Semoga harapan kita sesuai dengan yang disebutkan di dalam hadîts:

إِذَا تَمَنَّى أَحَدُكُم فَلْيُكثِرْ، فَإِنَّمَا يَسأَلُ رَبَّهُ عَزَّ وَجَلَّ

"Jika salah seorang dari kalian memiliki harapan maka hendaklah memperbanyak, karena sesungguhnya dia sedang meminta Rabbnya 'Azza wa Jalla."
Sebulan yang lalu Maktabah mendapatkan penawaran tanah di Pekalongan yang agak murah dibandingkan harga pasaran yang lainnya, namun karena Maktabah belum memiliki persediaan dana yang mencukupi Qaddarallâhu wa Mâ Syâ Fa'al didahului orang lain membelinya.
Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ lebih mengetahui yang terbaik untuk kita dan juga lebih mengetahui tempat yang sesuai untuk kita, segala ketetapan-Nya memiliki hikmah yang kita tidak ketahui. Terkadang kita menganggap suatu tempat lebih baik bagi kita namun ternyata kurang baik baik bagi kita, demikian pula terkadang kita kurang menyukai suatu tempat karena nampak bagi kita kekurang baikannya namun ternyata itu nantinya lebih baik bagi kita, kita tidak mengetahui dan Allâh-lah yang lebih mengetahui:

وَعَسَىٰۤ أَن تَكۡرَهُوا۟ شَیۡـࣰٔا وَهُوَ خَیۡرࣱ لَّكُمۡۖ وَعَسَىٰۤ أَن تُحِبُّوا۟ شَیۡـࣰٔا وَهُوَ شَرࣱّ لَّكُمۡۚ وَٱللَّهُ یَعۡلَمُ وَأَنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ

"Boleh jadi kalian membenci sesuatu, padahal itu lebih baik bagi kalian, dan boleh jadi kalian menyukai sesuatu, padahal itu lebih buruk bagi kalian, Allâh yang mengetahui, sedangkan kalian tidak mengetahui." [Surat Al-Baqarah: 216].

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada malam Senin 8 Dzulqa'dah 1441 / 29 Juni 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi.

⛵️ http://alkhidhir.com/aqidah/allah-lebih-mengetahui-yang-terbaik-untuk-kita/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar