Selasa, 30 Juni 2020

DIMANA KEKHAWATIRAN KITA DIBANDING PARA SALAF


Para salaf sangat perhatian terhadap kewajiban shalat, mereka melaksanakan sesuai petunjuk Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam, mereka menjaga kesempurnaannya, mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan shaff pertama dan shaff mereka benar-benar rapat, namun ternyata mereka masih khawatir kalau shalat mereka tidak diterima oleh Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ. Demikian pula mereka senang bersedekah, baik secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi namun ternyata mereka masih khawatir kalau sedekah mereka tidak diterima oleh Allâh 'Azza wa Jalla. Berkata 'Âisyah Radhiyallâhu 'Anhâ:

سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ هَذِهِ الْآيَةِ: وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ، أَهُمْ الَّذِينَ يَشْرَبُونَ الْخَمْرَ وَيَسْرِقُونَ؟ قَالَ: لَا يَا بِنْتَ الصِّدِّيقِ ! وَلَكِنَّهُمْ الَّذِينَ يَصُومُونَ وَيُصَلُّونَ وَيَتَصَدَّقُونَ وَهُمْ يَخَافُونَ أَنْ لَا يُقْبَلَ مِنْهُمْ أُولَئِكَ الَّذِينَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ

"Aku bertanya kepada Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam tentang ayat ini: "Orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, mereka yakin bahwa sesungguhnya mereka akan kembali kepada Rabb mereka." [Surat Al-Mu'minûn: 60-61].
Apakah mereka orang-orang yang meminum khamer dan mereka orang-orang yang mencuri? Beliau menjawab: "Bukan wahai puteri Ash-Shiddîq, akan tetapi mereka adalah orang-orang yang berpuasa, menegakkan shalat dan bersedekah dalam keadaan mereka khawatir tidak akan diterima amalan-amalan dari mereka, mereka itulah orang-orang yang bersegera di dalam melaksanakan berbagai kebaikan." Riwayat At-Tirmidzî.

Fâidah dari Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada hari Selasa tanggal 9 Dzulqa'dah 1441 / 30 Juni 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi.

⛵️ http://alkhidhir.com/aqidah/dimana-kekhawatiran-kita-dibanding-para-salaf/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar