Senin, 16 Maret 2020

FÂIDAH MENAMPAKKAN DAN MENYEMBUNYIKAN AMALAN


قَالَ ابنُ حَجَرٍ الهَيتَمِيُّ رَحْمَةُ اللّٰهِ عَلَينَا وَعَلَيْهِ: فِي كَتْمِ الْعَمَلِ
 فَائِدَةَ الْإِخْلَاصِ وَالنَّجَاةَ مِنْ الرِّيَاءِ، وَفِي إظْهَارِهِ فَائِدَةَ الِاقْتِدَاءِ وَتَرْغِيبَ النَّاسِ فِي الْخَيْرِ وَلَكِنْ فِيهِ آفَةُ الرِّيَاءِ، وَقَدْ أَثْنَى اللَّهُ عَلَى الْقِسْمَيْنِ فَقَالَ عَزَّ قَائِلًا: إِن تُبۡدُوا۟ ٱلصَّدَقَـٰتِ فَنِعِمَّا هِیَۖ وَإِن تُخۡفُوهَا وَتُؤۡتُوهَا ٱلۡفُقَرَاۤءَ فَهُوَ خَیۡرࣱ لَّكُمۡۚ

Berkata Ibnu Hajar Al-Haitamî semoga rahmat Allâh untuk kita dan untuk beliau: "Dalam menyembunyikan amalan itu membuahkan keikhlasan dan keselamatan dari riyâ'. Dan dalam menampakkan amalan itu memberi faedah penyontohan dan pemotivasian kepada manusia untuk berbuat baik akan tetapi ada padanya wabah riyâ', dan sungguh Allâh telah memuji atas dua kelompok ini, Allâh 'Azza wa Jalla berkata: "Jika kalian menampakkan sedekah-sedekah kalian, maka tentu itu baik. Dan jika kalian menyembunyikannya dalam memberikannya kepada orang-orang miskin, maka menyembunyikan itu lebih baik bagi kaliaan." [Surat Al-Baqarah: 271].

Fâidah dari Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Ayyadahullâh pada kajian hari Kamis 4 Shafar 1441 / 3 Oktober 2019 di Mutiara Gading Timur Bekasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar