Rabu, 18 Maret 2020

KETENTUAN QUNÛT NÂZILAH


Pertanyaan:
Ustâdz apa ketentuan disyari'atkan qunut nâzilah? 

Jawaban:
Qunut nâzilah disyari'atkan ketika terjadi pengepungan, penindasan dan pembantaian kepada kaum Muslimîn, berkata Anas bin Mâlik Radhiyallâhu 'Anhu:

بَعَث النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعِينَ أَوْ سَبْعِينَ مِنْ الْقُرَّاءِ إِلَى أُنَاسٍ مِنْ الْمُشْرِكِينَ فَعَرَضَ لَهُمْ هَؤُلَاءِ فَقَتَلُوهُمْ وَكَانَ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَهْدٌ

"Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam mengutus 40 atau 70 para penghafal Al-Qur'ãn kepada orang-orang musyrik lalu Beliau menawarkan kepada mereka para penghafal Al-Qur'ãn itu (supaya mendakwahi mereka) namun mereka membantai para penghafal Al-Qur'ãn tersebut. Padahal di antara mereka dengan Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam ada perjanjian". Diriwayatkan oleh Al-Bukhârî. 

Ketika orang-orang musyrik membantai mereka maka Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam melakukan qunut nâzilah, dan ini beliau lalukan sebulan, tidak di sepanjang masa, padahal bisa dikatakan di zaman beliau peperangan terus terjadi.

Kemudian qunut nâzilah disyari'atkan pada shalat 5 lima waktu seluruhnya, tidak dikhususkan pada shalat shubuh, walaupun pada suatu riwayat di dalam "Shahîh Al- Bukhârî" disebutkan oleh Anas bin Mâlik Radhiyallâhu 'Anhu:

ﻓَﻘَﻨَﺖَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺷَﻬْﺮًﺍ ﻳَﺪْﻋُﻮ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢِ 

"Maka Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam qunut sebulan, beliau qunut pada shalat shubuh".
Namun pada suatu lafazh di dalam "Shahîh Al-Bukhârî" disebutkan pula oleh Anas bin Mâlik Radhiyallâhu 'Anhu:

ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﻘُﻨُﻮﺕُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ ﻭَﺍﻟْﻔَﺠْﺮِ 

"Beliau Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam qunut pada shalat maghrib dan shubuh". 

Dengan dalîl ini jelaslah bahwa qunut nâzilah itu tidak khusus pada shalat shubuh namun shalat 4 waktu yang lainnya juga disyari'atkan untuk qunut nâzilah padanya, ini diperjelas pula dengan riwayat Muslim dari Al-Barâ' Radhiyallâhu 'Anhu:

ﻗَﻨَﺖَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻔَﺠْﺮِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ

"Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam qunut pada shalat shubuh dan maghrib". 
Dan ditambah lagi kejelasannya pada riwayat Al-Bukhârî dari Abû Hurairah Radhiyallâhu 'Anhu:

ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻛَﺎﻥَ ﺇِﺫَﺍ ﻗَﺎﻝَ ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟِﻤَﻦْ ﺣَﻤِﺪَﻩُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﻛْﻌَﺔِ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ ﻣِﻦْ ﺻَﻠَﺎﺓِ ﺍﻟْﻌِﺸَﺎﺀِ ﻗَﻨَﺖَ 

"Bahwasanya Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam jika mengucapkan: Sami'allâhu Liman Hamidah pada raka'at terakhir dari shalat isyâ' maka beliau qunut". 

Dan disebutkan suatu riwayat di dalam "Shahîh Al-Bukhârî" dan "Shahîh Muslim":

ﻓَﻜَﺎﻥَ ﺃَﺑُﻮ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻳَﻘْﻨُﺖُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﻛْﻌَﺔِ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ ﻣِﻦْ ﺻَﻠَﺎﺓِ ﺍﻟﻈُّﻬْﺮِ ﻭَﺻَﻠَﺎﺓِ ﺍﻟْﻌِﺸَﺎﺀِ ﻭَﺻَﻠَﺎﺓِ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢِ 

"Keberadaan Abû Hurairah Radhiyallâhu 'Anhu qunut pada raka'at yang terakhir dari shalat zhuhur, shalat 'isyâ' dan shalat shubuh". 

Alhamdulillâh semua dalîl tersebut diperjelas dengan sejelas-jelasnya oleh hadîts dari 'Abdullâh bin 'Abbâs Radhiyallâhu 'Anhumâ:

ﻗَﻨَﺖَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺷَﻬْﺮًﺍ ﻣُﺘَﺘَﺎﺑِﻌًﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟﻈُّﻬْﺮِ ﻭَﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ ﻭَﺍﻟْﻌِﺸَﺎﺀِ ﻭَﺻَﻠَﺎﺓِ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢِ 

"Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam qunut sebulan secara berurutan pada shalat zhuhur, ashar, maghrib, isya' dan shubuh". Berkata Al-Hâfizh Ibnu Hajar: "Ini adalah hadîts hasan". Dan berkata pula Al-Imâm An-Nawawî tentang hadits tersebut: "Diriwayatkan oleh Abû Dâwud dengan sanad yang hasan atau shahîh". 
Hadîts tersebut telah diriwayatkan oleh Al-Imâm Ahmad, Abû Dâwud dan Al-Hâkim.

Dengan demikian, bila ada pengkhususan qunut nâzilah pada shalat shubuh maka itu dikatakan sebagai qunut shubuh yang telah dianggap bid'ah oleh shahabat yang mulia Thâriq Al-Asyja'î Radhiyallâhu 'Anhu, ketika beliau ditanya oleh putra beliau:

ﻳَﺎ ﺃَﺑَﺖِ، ﺇِﻧَّﻚَ ﻗَﺪْ ﺻَﻠَّﻴْﺖَ ﺧﻠْﻒَ رَسُوْلِ ﺍﻟﻠﻪ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠََّّﻢَ ﻭَﺃَﺑِﻲ ﺑَﻜْﺮٍ ﻭَﻋُﻤَﺮُ ﻭَﻋُﺜْﻤَﺎﻥُ ﻭَﻋَﻠِﻲٍّ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻢْ ﻫَﺎﻫُﻨَﺎ ﻭَﺑِﺎﻟْﻜُﻮْﻓَﺔِ ﻣُﻨْﺬُ ﺧَﻤْﺲِ ﺳِﻨِﻴْﻦَ، ﻓَﻜَﺎﻧُﻮﺍ ﻳَﻘْﻨُﺘُﻮْﻥَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻔَﺠْﺮِ؟ 

"Wahai ayahku, sungguh engkau benar-benar telah shalat di belakang Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam, di belakang Abû Bakr, 'Umar, 'Utsmân dan Alî Radhiyallâhu 'Anhum di sini dan di Kufah selama 5 tahun apakah keberadaan mereka melakukan qunut pada shalat shubuh?". 
Maka beliau menjawab:

ﺃﻱْ ﺑُﻨَﻲَّ، ﻣُﺤْﺪَﺙٌ

"Wahai putraku, qunut shubuh adalah bid'ah". Diriwayatkan oleh Al-Imâm Ahmad dan Ashhâbus Sunan, dan At-Tirmidzî menshahîhkannya.

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada tanggal 18 Dzulhijjah 1438 di Kemang Prama Bekasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar