Sabtu, 26 Desember 2020

BERSABAR TERHADAP YANG TELAH TIADA DAN BERSYUKUR TERHADAP YANG MASIH ADA


Suatu kejadian yang membuatku sedih, tatkala aku mendapatkan berita tentang kematian ayahku Rahmatullâh 'Alaih, dan tentang matinya kambing-kambing dan domba-dombaku kemudian disusul matinya sebagian entok dan ayam-ayam kampung serta sepasang ayam hias milikku. Namun aku tetap bersyukur kepada Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ, karena ayahku memiliki putera-puteri yang beliau mencintai mereka sebagaimana mencintaiku, maka aku mencintai mereka pula sebagaimana ayahku mencintai mereka, Alhamdulillâh aku masih bisa silaturrahim kepada mereka sebagaimana aku silaturrahim kepada ayahku semasa hidupnya. Aku bersyukur pula karena ayahku masih memiliki saudara-saudari dan kawan-kawan yang aku masih bisa untuk memuliakan mereka. Pernah seseorang dari Banî Salamah bertanya kepada Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam:

 يَا رَسُولَ اللَٰهِ هَلْ بَقِىَ مِنْ بِرِّ أَبَوَىَّ شَىْءٌ أَبَرُّهُمَا بِهِ بَعْدَ مَوْتِهِمَا؟ قَالَ: نَعَمِ الصَّلاَةُ عَلَيْهِمَا وَالاِسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِى لاَ تُوصَلُ إِلاَّ بِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا

"Wahai Rasûlullâh, apakah masih ada sesuatu dari berbuat baik kepada kedua orang tuaku, yang aku akan berbuat baik dengannya kepada keduanya setelah keduanya wafat? Beliau menjawab: "Iya, mendoakan rahmat untuk keduanya, memohon ampunan untuk keduanya, mewujudkan janji keduanya setelah wafat keduanya, menjalin hubungan kekeluargaan yang itu tidak terhubung kecuali dengan keduanya dan memuliakan kawan-kawan keduanya." Riwayat Abû Dâwud. 

Aku juga tetap bersyukur kepada Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ, karena masih tersisa hewan-hewan ternakku yang aku masih bisa berbuat baik dan memperhatikannya, semoga Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ memberiku balasan pahala, kebaikan dan keberkahan. Sungguh telah bertanya sebagian para Shahabat kepada Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam:

يَا رَسُولَ اللّٰهِ، وَإِنَّ لَنَا فِي الْبَهَائِمِ أَجْرًا

"Wahai Rasûlullâh, apakah bagi kami pahala dalam berbuat baik kepada binatang ternak?." 
Maka Nabî Shallallâhu 'Alaihi wa Sallam menjawab: 

فِي كُلِّ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ

"Berbuat baik pada setiap yang memiliki hati itu berpahala." Riwayat Al-Bukhârî. 

Fâidah dari Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada hari Sabtu tanggal 11 Jumâdil Awwal 1442 / 26 Desember 2020 di Dârul Qur'ãn wal Hadîts Bekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar