Halaman

Minggu, 05 April 2020

MENGENAL LEBIH DEKAT ABUL 'ABBÂS HARMÎN RAHIMAHULLÂH

Pertanyaan:
Ustâdz, izin tentang Abul 'Abbâs Harmîn Rahimahullâh itu siapa? Bisakah diceritakan tentang biografi Abul 'Abbâs Harmîn Rahimahullâh?

Jawaban:
Beliau adalah Ustâdz kami, beliau lahir di Limboro pada tanggal 3 Rabî'ul Awwal 1399 Hijriyyah bertepatan dengan 1 Maret 1979. 
Beliau anak kedua dari 11 bersaudara
Ayah beliau adalah Salîm bin Syahdiah bin La Wionde, dan beliau termasuk dari keturunan La Bisana dari jalur neneknya, yakni Salîm bin Siti Hâwiyah bintu La Bisana Rahmatullâhi 'Alaihim, semua mereka berasal dari suku Buton. 

Ibu beliau adalah Suriyah bintu Hadiyinah, ini juga berasal dari suku Buton, adapun dari jalur neneknya yakni Suriyah bintu Wa Muna bintu Halijah maka ini berasal dari suku Huamual Maluku, Halijah merupakan seorang wanita asli Huamual, yang dikatakan sebagai keturunan Arab hanya saja tidak diketahui asal usul kabilahnya. 

Abul 'Abbâs Harmîn dari sejak lahir hingga usia balita senantiasa di bawah pengawasan nenek moyangnya yaitu Halijah Rahmatullâh 'Alaihimâ, Halijah sangat menyayangi beliau, dan Halijah wafat di saat beliau menempuh pendidikan di Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyyah di Limboro. 

Abul 'Abbâs Harmîn Rahimahullâh dikenal pintar, cerdas dan rajin, selama sekolah di Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyyah Limboro senantiasa mendapat peringkat tertinggi, beliau selalu mendapat juara satu. Di saat beliau masih kelas satu, tiba-tiba guru kelas dua dan kelas tiga memanggilnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kelas dua dan kelas tiga, beliau bisa menjawabnnya sehingga menjadi bahan cerita di kalangan masyarakat tengang kecerdasannya. 

Setelah beliau lulus dari Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyyah Limboro, beliau melanjutkan sekolah di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyyah di Temi kampung tetangga Limboro, di sekolah ini beliau juga senantiasa mendapatkan peringkat tertinggi, beliau selalu juara satu. Padahal beliau tidak seperti anak-anak yang lainnya, beliau sibuk membantu orang tua beliau di kebun, pagi ke sekolah, siang ke kebun dan sore pulang ke rumah, beliau belajar hanya malam hari sebelum tidur. 

Setelah beliau lulus dari Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyyah beliau melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan di Ambon, selain kesibukan sekolah beliau juga sibuk dengan bekerja untuk biaya sekolah, beliau menanam sayur kemudian dalam setiap pekan beliau ke pasar untuk menjual sayur dari sayur yang beliau tanam. Dalam keadaan sibuk seperti itu, beliau tetap mempertahankan prestasinya sebagai siswa terbaik, beliau selalu mendapatkan peringkat tertinggi. 

Setelah beliau lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan Ambon, beliau mendaftar ke Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ambon, beliau mengambil jurusan Syariah, selama kuliah beliau sibuk pula menjadi tukang becak, beberapa lama kemudian beliau memilih untuk berjualan di pasar Batu Merah Ambon. 

Pada semester terakhir kuliah tahun 1999 yang bertepatan dengan terjadinya kerusuhan Ambon yang dimunculkan oleh pemberontak Republik Maluku Selatan dengan membantai umat Islam, membuat beliau tersibukkan berjihad bersama kaum Muslimîn Ambon dalam melawan pemberontakan Republik Maluku Selatan. 

Pada tahun 2000 masuklah Laskar Jihâd Ahlussunnah wal Jamâ'ah untuk membantu dan menolong kaum Muslimîn Ambon dalam berjihâd melawan pemberontak Republik Maluku Selatan. Dengan adanya Laskar Jihâd Ahlussunnah wal Jamâ'ah ini Abul Abbâs Harmîn Rahimahullâh mengenal dakwah Ahlussunnah wal Jamâ'ah, beliau sangat bersemangat menghadiri majlis-majlis ilmu dan beliau senantiasa mengajak kami untuk ikut ke majlis ilmu atau mendengar radio dakwah Suara Perjuangan Muslim Maluku. 
Beliau tidak pernah ketinggalan majlis syaikhnya Al-Ustâdz Ja'far 'Umar Thâlib Rahmatullâh 'Alaihim ketika datang ke Ambon, di mana saja kalau ada muhâdharah, kajian atau tabligh akbar yang disampaikan oleh Al-Ustâdz Ja'far 'Umar Thâlib Rahmatullâh 'Alaihim maka beliau akan datang selama masih di pulau Ambon.
Apabila beliau ditugaskan bersama kawan-kawan Laskar Jihâd ke Seram Barat maka beliau menyempatkan ke Limboro untuk menyampaikan nasehat dan khutbah Jum'at, ketika beliau memiliki keluangan waktu maka beliau ke Limboro dengan membawa banyak buku-buku agama, beliau menyempatkan membimbing murid-murid kami yang sedang belajar Al-Qur'ãn di rumah orang tua kami, dan orang yang pertama-tama beliau dakwahi adalah kami, kemudian setelah itu beliau menyarankan supaya adik kami Abul Hasan 'Umair melanjutkan sekolah di Ambon setelah itu ke pesantren di Sulawesi atas dukungan dan motivasi beliau. 

Dengan kesibukan berjihâd, beliau tetap melanjutkan penulisan tugas akhirnya untuk bisa menyelesaikan studinya di Sekolah Tinggi Agama Islâm Negeri Ambon, karena beliau sudah mengenal dakwah Ahlussunnah wal Jamâ'ah maka beliau menulis tugas akhirnya dengan judul "Urgensi Tauhîd dalam Penegakkan Syariat Islâm".

Setelah beliau menyelesaikan studinya di Sekolah Tinggi Agama Islâm Negeri Ambon, beliau ingin mendalami ilmu agama ke pondok pesantren di Jawa hingga beliau bertekad untuk ke Pondok Pesantren Minhâjus Sunnah Magelang di Jawa Tengah, beliau berangkat bersama dengan adik kami Abû Muhammad Anas Rahmatullâh 'Alaihim, karena kendala biaya, beliau hanya bertahan setahun saja di Pondok Pesantren Minhâjus Sunnah Magelang, kemudian beliau kembali ke Ambon hingga bekerja di Proyek Kayu Jati, Alhamdulillâh dengan sebab pekerjaan ini beliau dapat membiayai kami dan adik-adik kami serta beberapa murid-muridnya untuk menuntut ilmu di berbagai pondok pesantren Ahlussunnah wal Jamâ'ah. 

Beliau sambil bekerja juga perhatian terhadap dakwah, setiap pekerja di proyek beliau persyaratkan tidak merokok dan harus shalat lima waktu, di luar jadwal kerja beliau mengajari mereka tentang Al-Qur'ãn dan berbagai hukum Islâm, beliau juga menyempatkan ke Limboro untuk berdakwah. 

Setelah beliau menikah, beliau menetap di Hanunu Kecamatan Huamual Belakang, beliau ingin berkumpul dalam satu kampung bersama saudara-saudaranya Ahlussunnah, namun karena adanya fitnah perselisihan, yang merasa kuat kemudian mengusir beliau bersama murid-muridnya, hingga beliau mendapatkan ujian yang berat, beliau pun kemudian kembali ke Limboro bersama murid-muridnya, beliau meneruskan dakwahnya di Limboro hingga dakwah beliau di Limboro kurang lebih 13 tahun. Dalam waktu yang singkat seperti ini, Alhamdulillâh dakwah beliau tersebar dan berpengaruh, sampai kita sebutkan bahwa dakwah beliau mirip dengan dakwah Syaikhnya Al-Ustâdz Ja'far 'Umar Thâlib Rahmatullâh 'Alaihim, berdakwah dalam waktu yang cukup singkat namun cepat menyebar dan memiliki pengaruh besar, berkata Al-Imâm Al-Wâdi'î tentang muridnya Al-Ustâdz Ja'far 'Umar Thâlib Rahmatullâh 'Alaihim:

نَفَعَ اللّٰهُ بِهِ فِي مُدَّةٍ يَسِيرَةٍ

"Allâh telah memberikan manfaat dengan sebab dakwahnya dalam waktu yang singkat."

Setelah Abul 'Abbâs Harmîn Rahimahullâh wafat kami sebutkan ke murid-murid beliau bahwa kami tidak mampu berbuat seperti apa yang beliau perbuat, beliau memulai dakwah tentu tantangan dan hambatannya lebih besar daripada kami yang berdakwah setelahnya, namun beliau kuat dan mampu berdakwah hingga memiliki pengaruh dan dakwahnya bisa menyebar: 

ذَ ٰ⁠لِكَ فَضۡلُ ٱللَّهِ یُؤۡتِیهِ مَن یَشَاۤءُۚ وَٱللَّهُ ذُو ٱلۡفَضۡلِ ٱلۡعَظِیمِ

"Itulah pengutamaan yang Allâh berikan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Allâh adalah pemilik keutamaan yang agung." [Surat Al-Jumu'ah: 4]. 

Beliau Rahimahullâh salah seorang dâ'î yang wafat dengan usia yang masih teranggap muda, Alhamdulillâh beliau dapat melaksanakan sunnah para Nabi di antaranya menikah, dengan sebab itu beliau memiliki dua orang anak yaitu Khadîjah dan 'Abbâs, semoga Allâh Subhânahu wa Ta'âlâ menjadikan kedua anaknya tersebut menjadi anak yang shâlih dan shâlihah, dapat memberi manfaat kepada ayah ibunya. 

Beliau Rahimahullâh wafat pada tanggal 28 Februari 2013 di Rumah Sakit Tentara Ambon lalu dimakamkan di Limboro.

Dijawab oleh:
Al-Ustâdz Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh wa Ra'âh pada malam Senin tanggal 12 Sya'bân 1441 / 6 April 2020 di Maktabah Al-Khidhir Bekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar